Aplikasi Pengingat Tunggakan Pelanggan dengan VB.net dan Excel - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Aplikasi Pengingat Tunggakan Pelanggan dengan VB.net dan Excel

16 komentar

Aplikasi ini adalah implementasi dari Excel yang difungsikan sebagai database dengan bahasa pemrograman VB Net. Keterangan tambahan tentang mengolah Excel sebagai database bisa Anda baca pada artikel sebelumnya di >> Membuat Aplikasi Database dengan Excel & VB.Net. Aplikasi diatas saya namakan AppReminder. Aplikasi ini dipesan oleh salah satu kawan di yang bekerja pada instansi tertentu sebagai inovasi dan mempermudah pekerjaannya. Dengan demikian, akan ada beberapa istilah yang mungkin asing bagi Anda, seperti istilah Bongkar Rampung dan Janji Bayar.

AppReminder adalah aplikasi untuk menampilkean pengingat bagi petugas terkait pelanggan yang melakukan kesepakatan “Bongkar Rampung” dan “Janji Bayar” dengan tanggal yang sudah disepakati. Aplikasi ini mengacu pada data excel yang sudah ada, sekaligus bisa mengubah keterangan dan tanggal reminder yang diinginkan. Bentuk reminder berupa balon popup yang muncul di layar komputer sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.


Requirement

AppReminder dibangun dengan aplikasi berbasis windows, minimal berjalan pada Windows XP SP3 dan produk Windows setelahnya (Vista, Windows 7, dan Windows 8) baik yang 32 bit maupun yang 64 bit. Aplikasi ini dibangun dengan VB.NET dan membutuhkan driver OLEDB untuk menjadikan Excel sebagai databasenya. Dengan demikian aplikasi yang harus terinstall dalam komputer adalah:
  • Dotnet Framework 4.0 atau yang lebih baru. Pada umumnya beberapa aplikasi Windows secara otomatis menyertakan framework ini ketika instalasi sehingga hampir semua komputer Windows terinstal DotNet Framework. Sehingga yang paling dibutuhkan adalah OLEDB.
  • OLEDB adalah driver koneksi yang terdapat pada MS ACCESS. Jika tidak memungkinkan untuk menginstall MS ACCESS, maka OLEDB bisa dingantikan dengan menginstall aplikasi Access Database Engine 2010.

Beberapak Karakteristik dari Aplikasi AppReminder

  • Penekanan tombol “X” pada aplikasi akan membuat aplikasi menghilang (sembunyi), tapi tidak membuat aplikasi berhenti. Jika ingin menghentikan aplikasi, maka pilih menu File > Exit. Hal ini memang disengaja untuk menghindari berhentinya aplikasi sehingga tidak ada notifikasi yang muncul.
  • Tanggal reminder bisa diubah, format penulisan tanggal saat ini harus dd/mm/yyyy, Contoh : jika diisi dengan 03/12/2015, maka balon notifikasi akan muncul setiap jam pada tanggal tersebut apabila ada minimal 1 pelanggan yang BONGKAR RAMPUNG atau JANJI BAYAR.
  • Pencarian secara otomatis didasarkan pada ID PELANGGAN ATAU NAMA PELANGGAN. Oleh sebab itu, petugas bisa mencari pelanggan berdasarkan ID-nya atau berdasarkan namanya.
  • File excel yang muncul pada pojok kiri bawah otomatis digunakan ketika komputer baru dihidupkan. Ketika komputer atau aplikasi dimatikan, maka aplikasi akan mencatat lokasi file Excel, dan file Excel yang telah dicatat tersebut secara otomatis dipakai ketika komputer dihidupkan. Apabila file Excel tidak ditemukan, aplikasi akan meminta petugas untuk memilih file Excel yang baru.
  • Akan muncul tampilan balon notifikasi di pojok kanan bawah layar komputer. Tampilan ini muncul pertama kali komputer dihidupkan. Ketika ada pelanggan yang BONGKAR RAMPUNG atau JANJI BAYAR, maka balon notifikasi ini akan muncul setiap jam hingga keterangan pada file Excel diubah.


Cara memunculkan balon notifikasi pada VB yaitu dengan script di bawah ini:

Private Sub Show_Balloon()
    NotifyIcon1.BalloonTipTitle = "Hari Ini :"
    NotifyIcon1.BalloonTipText = "> Bongkar Rampung (" & HARI_INI_BONGKAR & ")" & vbCrLf & "> Janji Bayar (" & HARI_INI_JANJI & ")."
    NotifyIcon1.BalloonTipIcon = ToolTipIcon.Info

    NotifyIcon1.Visible = True
    NotifyIcon1.ShowBalloonTip(3000)
End Sub

Written by ElangSakti
Aplikasi Pengingat Tunggakan Pelanggan dengan VB.net dan Excel
Bahasan: Aplikasi ini adalah implementasi dari Excel yang difungsikan sebagai database dengan bahasa pemrograman VB Net. Keterangan tambahan ten...
Published at Selasa, 22 Desember 2015, Updated at Selasa, 22 Desember 2015
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

16 komentar :

  1. mas boleh minta script nya gak gan.. buat belajar2
    jika boleh kirim ke email ynniar.niar@gmail.com
    thanks

    BalasHapus
  2. boleh liat aplikasinya gk bg?

    BalasHapus
  3. boleh tanya lebih detail lg tdk tentang artikel ini ?? urgent soalnya.. ditunggu info lanjutnya ke email lusisulis92@gmail.com
    thanks..

    BalasHapus
  4. bang aku boleh minta bantuan gak, bikin notif yang begitu di monitoring kontrak ditempat kerja aku. mohon bantuannya ya bang

    BalasHapus
  5. jelasin detail nya ya kak

    BalasHapus
  6. bongkar rampung sama janji bayar itu darimana ya, database ny kah?

    BalasHapus
  7. mas boleh minta scriptnya gak soalnya ane mau belajar ini ada tugas kuliah bikin seperti itu ane kebingungan mas T_T jika boleh kirim ke email saya mas sandiatresna029@gmail.com

    BalasHapus
  8. mas bisa minta di ajarka ga soal pembuatan aplikasi tersebut.
    ini email saya sultan.sayidr@gmail.com

    mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  9. CMD = New OleDbCommand("select count(jenis) from [sheet1$] WHERE tempo=curdate()", CONN)

    Cara ngambil data tanggalnya gimana gan?
    Di Excel selalu muncul dengan format dd/mm/yyyy
    Sementara MySql pakai format yyyy/mm/dd
    Gak ketemu jadinya

    BalasHapus
  10. kak masih ada scriptnya enggak ya?

    BalasHapus
  11. Mas boleh minta apknya gak mas ?

    BalasHapus