# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics
semoga berguna -______-"
ASM : Default Display ukuran 80 x 25
Untuk display huruf itu, satu baris standarnya 80 x 25, dimana setiap satuan berisi 2 byte. Satu byte pertama untuk karakter / huruf ASCII sedangkan untuk byte kedua untuk atribut karakter. Sehingga satu baris itu standarnya berisi 160 byte dan satu kolom itu berisi 50 byte.
Oleh karena itu, untuk mengakses posisi pada layar, bisa menggunakan rumus:
Huruf = (baris * 160) + (kolom * 2)
Atribut = Huruf + 1
Dimana huruf dan Atribut adalah alamat memory. Default mermory untuk layar berwarna ada pada segmen 0B800h. Sehingga untuk mengakses alamatnya adalah dengan memadukan antara segment:offset atau 0B800h:Huruf untuk karakter dan 0B800h:Atribut untuk atributnya.
cetak macro x,y,hrf,attr mov ax,0b800h ; alamat layar mov es,ax ; tunjuk segmen layar mov ah,y mov al,160 mul ah mov bx,ax mov ah,x mov al,2 mul ah add bx,ax mov al,hrf mov ah,attr mov es:[bx],al mov es:[bx+1],ah endm org 100h cetak 0 0 'A' 95 ; cetak baris kolom huruf atribut
semoga berguna -______-"
Top Artikel :
Written by ElangSakti
ASM : Default Display ukuran 80 x 25
Bahasan: Untuk display huruf itu, satu baris standarnya 80 x 25, dimana setiap satuan berisi 2 byte. Satu byte pertama untuk karakter / huruf ASC...
Published at Selasa, 15 April 2014, Updated at Selasa, 15 April 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7
ASM : Default Display ukuran 80 x 25
Bahasan: Untuk display huruf itu, satu baris standarnya 80 x 25, dimana setiap satuan berisi 2 byte. Satu byte pertama untuk karakter / huruf ASC...
Published at Selasa, 15 April 2014, Updated at Selasa, 15 April 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar