Cara Pasang Lampu Rumah Otomatis - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Cara Pasang Lampu Rumah Otomatis

Tidak ada komentar
Smarthouse - Lampu Rumah Otomatis

Smarthouse atau rumah cerdas terdiri dari beberapa sistem, salah satunya adanya otomatisasi dari peralatan dan perlengkapan rumah seperti lampu rumah otomatis. Lampu-lampu rumah yang dibuat otomatis baik yang dikontrol dengan komputer, smartphone, sms, atau dikontrol oleh kondisi lingkungan seperti gerakan dan intensitas cahaya. Salah satu alat sederhana, mudah penggunaannya, dan bisa digunakan untuk lampu otomatis adalah >> Fitting Lampu Otomatis.

Lampu yang dilengkapi dengan sensor gerakan akan hidup ketika ada objek yang bergerak dan akan akan mati setelah tak ada objek yang bergerak dengan durasi tertentu. Lampu ini dilengkapi dengan sensor PIR baik yang terintegrasi dengan fitting atau yang dipasang terpisah. Alat ini sangat bermanfaat untuk menghemat listrik sebab lampu hanya akan menyala ketika ada orang (ada pergerakan benda), sedangkan ketika tidak ada orang (atau orang sudah tidur), maka lampu ini akan otomatis padam.

Berbeda dengan lampu yang dilengkapi dengan sensor cahaya. Lampu jenis ini akan menyala ketika senja hingga pagi, dan lampu akan mati dari pagi hari hingga sore hari. Alat ini sangat sangat berguna karena akan meringankan pemilik rumah. Rutinitas pemilik rumah (atau penjaga rumah) untuk menghidupkan atau mematikan lampu teras, lampu taman, atau lampu belakang akan digantikan oleh alat ini. Alat ini juga membantu meringankan tugas penjaga kantor, penjaga gedung, atau penjaga sekolah.

Cara memasang fitting lampu otomatis
Lampu dengan fitting sensor cahaya

Lampu-lampu otomatis tersebut bisa diletakkan di taman, di lorong-lorong, di gudang, di kamar mandi, di ruang tengah, atau di kamar tidur sesuai dengan karakteristik sensor dan kebutuhannya. Ala-alat ini bisa dikontrol dengan mikrokontroller atau dipasang secara independen.

Baca juga :
1. Timer Digital untuk mengatur Pompa Grease (mesin pelumas)
2. Membuat Timer Digital dan Lampu Otomatis dengan RTC DS1302

Jika alat ini dipasang secara independen, maka kendali lampu otomatis akan dikontrol secara penuh oleh sensor yang digunakan. Akan tetapi jika diintegrasikan dengan mikrokontroller, maka kita bisa memprogram agar lampu tidak hanya dikontrol penuh oleh sensor, melainkan bisa kita tambahkan timer. Seperti contoh, jika siang hari mendung dan kondisi agak gelap, maka lampu dengan sensor cahaya akan menghidupkan lampu karena sensor tersebut menganggap bahwa hari sudah malam (mulai gelap), padahal masih siang. Jika kita menambahkan pewaktu (timer, atau jam digital), maka kita bisa mengontrol agar lampu hanya nyala pada jam-jam tertentu atau ketika hari memang sudah benar-benar gelap.

Jika ingin membuat lampu rumah otomatis, Anda bisa mencoba alat yang gampang dan sederhana yaitu >> Fitting Lampu Otomatis.



Written by Hari Santoso
Cara Pasang Lampu Rumah Otomatis
Bahasan: Smarthouse atau rumah cerdas terdiri dari beberapa sistem, salah satunya adanya otomatisasi dar...
Published at Sabtu, 15 Agustus 2015, Updated at Sabtu, 15 Agustus 2015
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar