Prototype Timer Switch Relay pada Pompa Pelumasan Alat Berat - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Prototype Timer Switch Relay pada Pompa Pelumasan Alat Berat

Tidak ada komentar
Jual modul timer digital untuk mesin grease, pengontrol relay motor pompa grease

Pada alat berat atau mesin produksi, biasanya terdapat mesin/pompa grease (gris) yang bertugas untuk pelumasan mesin. Proses pelumasan dilakukan dengan otomatis menggunakan alat pengontrol relay guna mengaktifkan motor pada alat pelumas. Pada beberapa vendor, alat pengontrol tersebut tidak bisa dibeli secara terpisah. Jika alat pengontrolnya rusak, maka harus beli alat baru sehingga harganya tentu jauh lebih mahal.

Untuk menghemat pengeluaran, solusi yang bisa diambil adalah membuat modul atau kit pengontrol sendiri. Nah, gambar di atas adalah prototype kit pengontrol switch yang dilengkapi dengan timer digital. Modul timer ini dilengkapi dengan tampilan LCD, T:1h0m maksudnya adalah lama Timer: 1 jam 0 menit, sedangkan D:6m adalah lama Delay: 6 menit. Timer adalah waktu tunggu selama relay OFF, sedangkan Delay adalah waktu tunggu selama relay ON.

Cara kerja dari kit pengontrol relay dengan timer ini yaitu : Relay akan aktif selama 6 menit setiap 1 jam sekali. Artinya, mesin gris akan aktif selama 6 menit untuk melakukan pelumasan setiap 1 jam.

Modul timer pompa grease digital untuk switch relay dengan arduino, beka max
Tampilan LCD saat kondisi relay ON
Alat pengontrol relay dengan timer digital, timer switch pompa grease
Tampilan LCD saat pengaturan timer dan delay
Lama pelumasan bisa diatur sesuai kebutuhan dengan potensiometer, minimal 1 menit dan maksimal 1 jam. Sedangkan lama waktu tunggu sebelum pelumasan juga bisa diatur dengan potensiometer, yaitu minimal 10 menit hingga 10 jam. Untuk mempermudah pengaturan, alat ini dilengkapi LCD 16x2 untuk menampilkan pengaturan lama timer yang digunakan sekaligus mengetahui status mesin gris. Jika mesin gris aktif, maka lampu LCD akan menyala. Jika mesin tidak aktif, lampu LCD akan padam.

Modul ini bisa dipesan sesuai kebutuhan. Input standar yaitu 5v, akan tetapi bisa dicustom menjadi 12v atau 24v sesuai kelistrikan alat berat yang digunakan. Begitu juga dengan outputnya. Output ke relay standarnya 5v, tapi bisa dicustom sesuai kebutuhan. 


Written by Hari Santoso
Prototype Timer Switch Relay pada Pompa Pelumasan Alat Berat
Bahasan: Pada alat berat atau mesin produksi, biasanya terdapat mesin/pompa grease (gris) yang bertugas u...
Published at Jumat, 17 Juni 2016, Updated at Jumat, 17 Juni 2016
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar