Tablet MATOT: Cara Flash IdeaTab Lenovo A3000 - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaTab Lenovo A3000

96 komentar
gambar Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000
Lenovo A3000 Matot, siap dioprasi.
Beberapa hari yang lalu IdeaTab Lenovo A3000 (ah, sebut saja tablet) tiba-tiba matot alias mati total. Entah kenapa, karena sebabnya juga nggak jelas. Ketika istri mau ngidupin tablet tiba-tiba tidak bisa nyala. Akhirnya saya coba dengan hard reset dengan menekan tombol power dan volume up dengan bersamaan, tak ada reaksi. Kemudian saya coba yang volume down juga, sebab ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa hard resetnya adalah tombol power dan volume down. Hasilnya? nothing.

Matot yang terjadi pada tablet Lenovo A3000 ini selain tidak bisa nyala, indikator charge juga tidak nyala. Ketika saya sambungkan ke komputer pun tak ada reaksi. Saya cek di device manager, ketika tablet terhubung kekomputer muncul network device yang namanya "Alcatel Single RNDIS Interface". Saya curiga, kenapa tablet kok kedetek sebagai network device. Pada saat awal untuk nge-flash, driver ini saya hapus, saya paksa hapus. Nanti akan saya sedikit jelaskan prosesnya.

Pikir saya, "kayaknya harus diflash nih". Dalam dunia teknik reparasi hanphone dan smartphone, istilah flash bisa disamakan dengan install ulang sistem operasi. Dalam tablet Lenovo A3000 isinya sistem operasi Android, sehingga mau tidak mau kita harus menginstall ulang Androidnya. Otomatis, data dalam internal memori (bisa disamakan dengan hardisk dalam komputer) juga musnah, kecuali data dalam penyimpanan externar (sdcard).

Untuk nge-flash smartphone, kini softwarenya sudah ada sendiri. Untuk nge-flash handphone, biasanya beberapa para engineer reparasi handphone menggunakan aplikasi Flash Tool. Akan tetapi untuk smartphone dan tablet, kini ada aplikasi pengembangan dari Flash Tool tersebut, namanya SP Flash Tool (SP kependekan dari Smart Phone). Untuk melakukan Flash pada smart phone, yang kita butuhkan adalah:

  • Panduan untuk membongkar tablet Lenovo A3000, panduan ini adalah manual yang dibuat oleh lenovo langsung. Karena saya belum pernah bongkar-bongkar tablet ini, jadi saya harus belajar dulu dari manual yang dibuat oleh pabriknya, hehe. Download panduannya di mari http://download.lenovo.com/consumer/mobiles_pub/ideatab_a3000_hmm_20130626.pdf
  • Firmware / sistem operasi, karena kasusnya Lenovo A3000, berarti saya butuh firmware Android untuk A3000 yaitu Android 4.2.2, download di mari https://docs.google.com/file/d/0B8uBIECEYaqTazgyRjRwOVN4MHM . Itu filenya lumayan gede, 572MB.
  • USB Flash Driver untuk A3000, Lenovo A3000 menggunakan CPU MTK 8389 Quad Core, sehingga yang kita butuhkan adalah USB Flash driver untuk device ini adalah MT8389. Dalam beberapa referensi, yang kita butuhkan adalah Driver MT6589, download di mari http://www.mediafire.com/download/juzwauwy9rx9yw6/Drivers_v1.2.zip.
  • SP Flash Tool, ini adalah software untuk mendownload / menginstall firmware android ke tablet yang matot tadi, Download di mari http://androidxda.com/smart-phone-flash-tool , pilihlah yang paling baru. Akan tetapi, saya ngikut beberapa Flash Tool V3.1328
Jika belum tahu cara instal driver Mediatek, silakan baca artikel Cara Menginstall Driver Mediatek SP Flash Tool.

Peralatan yang sudah saya kumpulkan tampak pada Gambar 1:
Tool Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000
Gambar 1. daftar tool untuk melakukan operasi

Beberapa langkah yang saya lakukan adalah:
  • Siapkan kabel data untuk menghubungkan tablet Lenovo A3000 ke komputer. Kalau mungkin, copot batrenya dulu. Entah karena apa, yang pasti ada beberapa rekomendasi untuk mencopot baterai ketika melakukan flash.
  • Saya hubungkan tablet ke komputer dengan kabel USB, kemudian saya buka device manager untuk menghapus driver Alcatel RNDIS seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Untuk menghapus driver, pilih drivernya, kemudian klik-kanan > Uninstall. Setelah uninstall driver harusnya komputer akan minta direstart. Saat tulisan ini dibuat, tablet sudah selesai diflash jadi saya tidak bisa menunjukkan proses penghapusan driver Alcater RNDIS tersebut.
  • Copot kabel USB dari komputer ke tablet.
  • Ekstrak firmware, driver, dan aplikasi SP Flash Tool.
  • Pertama masuk ke folder SP Flash Tool, jalankan aplikasi Flash Tool dengan men-double click Flash_tool.exe yang berwarna biru seperti gambar 2.
  • Biar ndak lupa, kasi tanda cek dulu "DA DL All With Check Sum". Pilih Scatter-loading seperti pada gambar 3, kemudian kita cari file "MT6589_Android_scatter_emmc.txt" dalam folder "target_bin" di folder "A3000_A422_011_022_140127_WW_CALL_FUSE" seperti pada Gambar 4 sehingga hasilnya tampak pada gambar 5.
  • Pada Gambar 5, option paling bawah "FAC" masih kosong, kita centang, kemudian double-click tulisan "FAC" sehingga muncul window baru. Cari file "fac.img", pilih dan Open, seperti pada gambar 6.
  • Hasil konfigurasi akhir seperti pada gambar 7, setelah itu langsung klik tombol "Download" seperti pada gambar 7. PENTING!! Jangan sekali-kali meng-klik tombol "Format", katanya sih, akan menghapus IMEI di smartphone. Yang pasti, jangan klik tombol lain selain tombol download.
  • Setelah tombol download diklik, makan aplikasi akan menyipkan diri untuk mendownload. Pada gambar 8 adalah proses persiapan aplikasi, persiapan akan selesai ketika proses berhenti dan ada tulisan "Searching" di bagian bawah, lihat Gambar 9. Artinya, aplikasi sedang mencari device / tablet lenovo.
  • Sambungkan tablet lenovo pada komputer, karena driver Alcatel RNDIS tadi sudah dihapus, maka di device manager akan ada satu device lagi yang butuh driver, biasanya tertulis MT6xx, oke, sekarang giliran driver USB Flash yang kita install. Cara nginstallnya seperti nginstall driver biasa.
  • Ketika driver sudah terinstall, maka SP Flash Tool akan mendeteksi tablet Lenovo A3000 dengan MT6589. SP Flash Tool akan melanjutkan kerjaanya untuk mendownload atau menginstall firmware android ke dalam tablet. Kita tunggu saja prosesnya hingga selesai. Jika sukses, maka akan muncul gambar lingkaran hijau. Oke, berarti flashing firmware sudah selesai dan tablet akan nyala lagi. Untuk gambar prosesnya saya tidak sempat screen shot, jadi gambar akhirnya seperti gambar 10.
  • Jika belum sukses, akan muncul kode errornya.
aplikasi flash tool Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000
Gambar 2. Jalankan SP Flash Tool
aplikasi sp flashtool Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000
Gambar 3. Tandai DA DL ... dan Pilih Scatter-loading
Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 cari file konfigurasi
Gambar 4. Cari file MT65... dalam folder target_bin

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 tandai fac
Gambar 5. Hasil pimilihan Scatter-loading, tandai FAC

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 cari fac.img
Gambar 6. Cari file fac.img pada folder target_bin

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 konfigurasi siap download
Gambar 7. Konfigurasi sudah siap, lalu tekan tombol Download

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 progres download
Gambar 8. Proses persiapan download aplikasi

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 muncul kata searching
Gambar 9. Persiapan download sudah selesain, muncul tulisan "Searching"

Tablet MATOT: Cara Flash IdeaPad Lenovo A3000 berhasil di flash
Gambar 10. Proses download / flash lenovo A3000 berhasil.

  
Referensi:
http://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=45510235


Written by Hari Santoso
Tablet MATOT: Cara Flash IdeaTab Lenovo A3000
Bahasan: Lenovo A3000 Matot, siap dioprasi. Beberapa hari yang lalu IdeaTab Lenovo A3000 (ah, sebut s...
Published at Senin, 26 Januari 2015, Updated at Senin, 26 Januari 2015
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

96 komentar :

  1. kalau ga bisa konek pc gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam kasus saya, awalnya sepertinya ndak konek, tapi ketika tak install drivernya, akhirnya muncul juga di device manager..

      kalau tetep ndak muncul, coba ganti pake kabel data yang lain, mungkin kabel datanya bermasalah., selain karena kabel data yang bermasalah, kadang konektor microusb di tabletnya bermasalah..


      semoga membantu

      Hapus
  2. Gan. Lokasi dmn? Bsa bntu flash tablet lenovo a3000 sya? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kmren malam sya bru donlod bahannya. Sy coba colok pc gk konek. Itu cabut baterai brrti buka tulang blakang smua y gan?

      Hapus
    2. betul gan. Buka baterai itu pilihan, sebab defaultnya settingan di SP Tool versi lama akan ngeflash tanpa baterai. Untuk melakukan flashing tanpa mencopot baterai, untuk SP Tool versi 3, agan bisa ganti settingannya di menu Options -> DA Download All -> Battery -> With Battery.

      Semoga sukses gan!

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. sam, bisa bantu flash gak?makasih

      Hapus
  3. ada contact person gk gan? ini q lg mw coba flash a300 ane nih. gk ngerti cara ninstall driver. trus aku td download sp flash toolnya versi yg lbih baru

    BalasHapus
  4. makasih bangeeeettt gaann..!!! lenopo a300 ane udah nyalaa....!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat masbro... mantap!

      Hapus
    2. data hilang??? aplikasi lain juga???

      Hapus
  5. mas Hari aku uda coba ikut langkah2nya,,, trakhirnya eror... muncu BRO ERRORS: S_DA_EMMC_FLASH_NOT_FOUND (3144) kenapa ya bro???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi stocktromnya ndak cocok.

      Sebelum nyoba diflash, apa sudah nyoba di hardreset?
      Caranya, tekan powen dan volume up bersamaan selama > 10 detik.
      Jika berhasil, maka akan muncul boot mode.

      Hapus
  6. kalo kedetectnya sebagai unknown devices gimana ya gan?

    BalasHapus
  7. Mas Hari,, Perkenalkan saya fita pengguna tablet lenovo A3000 juga,, kebetulan kasusnya sama dan saya mengikuti artikel yang mas tulis dan mendapatkan kesulitan.
    1. Saya sudah membuka SP Flash Tool, dan menjalankan aplikasi Flash Tool dengan men- double click Flash_tool.exe yang berwarna biru seperti gambar 2 namun "DA DL All With Check Sum" tidak dapat dicentang
    2. Pada pilihan Scatter-loading seperti pada gambar 3, saya tidak dapat menemukan file "MT6589_Android_scatter_emmc.txt" dalam folder "target_bin" di folder "A3000_A422_011_022_140127_WW_CALL_FUSE".

    Mohon bantuan dan solusinya mas. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mbak Fita, terimakasih sudah mampir di mari
      1. Nah, engng.. selama saya menggunakan SP Flash Tool, saya belum pernah ngalami problem seperti yang dialami mbak Fita, mungkin mbak bisa kasi tahu, windows yang mbak gunakan windows apa? Kalau saya menggunakan windows 7. Jika menggunakan windows 7 atau 8, coba mbak jalankan dengan cara klik_kanan, trus pilih RUN as Administrator,

      setelah itu, kabari ya mbak perkembangannnya..

      2. Harusnya ada mbak, tapi, kalo boleh mbak kirim screen shot isi folder "target_ben" ke email saya ya. Untuk selanjutnya bisa kita discuss via email, email saya : hari/at/elangsakti.com

      ditunggu ya mbak...

      Hapus
  8. Manteb om , viist back : farukparkerla.blogspot.com

    BalasHapus
  9. kak, driver tabnya jadi DA USB VCOM Port (COM3) dan flash tool tdk mau mendeteksi, mohon solusinya

    BalasHapus
  10. Oh ya kak, udah aku coba install drivernya, sudah muncul: "The best driver software for your device is already installed. Windows has determined the driver software for your device is up to date".. Tapi di device manager, MTP nya masih ada tanda seru nya kak, gimana ya?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dijawab di email yah.. :)

      Hapus
  11. kalau gagal nginstall device managernya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau berhasil, akan muncul driver baru MTP Usb device, kalau gagal, tulisan MTP-nya ada tandatanya kuning.

      Hapus
  12. jadi begini mas, saya dapet problem sama seperti mas dan mencoba mengikuti tips mas diatas, tetapi setelah saya menguinstall di device manager, kok laptop tidak meminta direstart, lalu saya melanjutkan tanpa merestart laptop, dan berhasil sampai langkah untuk mengintsall device manager, tetapi saat mencoba di intsall gagal, itu bagaimana? tlong doberi pencerahan dan arahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  13. punya saya juga matitotal gejala awal pengisian tidak normal. terakhir baterai mati. apakah dng cara diatas kira2 bisa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara di atas hanya untuk yang mengalami kerusakan software saja mas Hari. Kalau kata teknisi baterainya yang mati, maka yang harus diganti baterainya mas, tidak bisa menggunakan cara di atas. :)

      Hapus
  14. Salam kenal mas hari.
    Dulu saya pernah mengalami hal serupa (matot), kemudian saya bw ke Lenovo Service Center, dan memang dg cara flash ulang Lenovo A3000 saya dpt nyala kembali.
    Dulu indikasi sblm matot, pngechasan ga maksimal. Maksudnya saat pengecashan penambahan persentase lambat dan saat pemakaian persentase anjlok cepat (ky' batrey drop).
    Nah.., yg mau saya tanyakan, apakah indikasi tersebut ada sangkut pautnya dg kerusakan Softwer tersebut. Krn saya saat ini mengalami hal itu lagi, jika memang ada sangkut pautny saya akn cb flash Lenovo A3000 saya sendiri, karena pertimbangan biaya. Klo ke Lenovo Service Center bisa kena biaya sampai 160rb-an bwt ngeflashin aja...😭😭
    Terimakasih sblmn mas hari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selam kenal juga mas Agga, terimakasih sudah mampir.

      Selain karena hardware, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh malfunction-nya pada software. Saya pernah ngalami suatu kasus, tapi ini bukan pada lenovo,, pada saat dicas baterai 0% padahal sudah 4 jam lebih. Otomatis ketika saya cabut charger dari handphone, hanphonenya langsung mati. Karena kondisi batre masih bagus, saya pikir ini masalah pada softwarenya. Lalu saya buka casing handphone, dan saya copot batrenya. Setelah itu saya pasang lagi.

      Nah ketika saya hidupkan, hanphone nyala seperti biasa dengan baterai yang sudah tercas 100%. Nah, dalam kasus ini, masalah adalah pada softwarenya yang keliru dalam mengidentifikasi kapasistas baterai.

      Jadi, untuk lebih amannya, cek dulu kondisi baterai dan chargernya,, kalau misal semuanya OK, kemungkinan memang pada softwarenya.. dan hal yang paling parah adalah install ulang androidnya (flash).

      semoga membantu.. :)

      Hapus
  15. malam gan..
    mohon bantuannya, tablet lenovo a3000 saya gak mw nyala alias matot..
    saya udh ikutin langkah2 yg ad, cma gagal gan..
    muncul tulisan error 3144 apa gtu..
    ad solusi gak gan?
    udh hmpr 6 blan gak bsa nyala..
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam juga..
      kemungkinan romnya nggak cocok gan, silakan cek beberapa komentar di atas gan..

      Hapus
  16. saya udh cba hardreset, tpi gak bsa gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan coba cara lain mas Joy.
      :)

      Hapus
  17. TESTED kang frimware nya...jossssss

    BalasHapus
  18. tested kang frimware nya.......

    BalasHapus
  19. Permisi mau tanyak, hh saya kok update firmwere kok keslahan dalam instalasi ya. Kan istalasinya ada gambar robot trus setelah separuh intalasi error / kesalahan. Ada tulisan gini

    Intalling update. . .
    Reverting current system by set country code . . .
    Set_pera: some change failed
    Update.zip is not correct
    Intallation aborted.

    Gimana itu gan solusinya. Mohon penjelasan dr suhunya.
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau upgrade firmware, saya belum pengalaman mas Rizwan. Maaf ya.. :)

      Hapus
  20. Gan mau tanya ne. Upgrade firmware saya kok gagal ya pas instalasinya.
    Mohon penjelasan dari suhunya.
    Trims.

    BalasHapus
  21. Gan mau tnyak lg ganti batrai lenivo a3000 brpa ya?
    Trus ap bisa dicopot.
    Kmren saya liht batrainya kyk ada kabelnya gt, g seperti btrai pd hp umumnya yg gampng di cabut dan di pasang ulng.
    Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya ada yang 150-an, ada yang 200-an, mas Rizwan bisa cek di beberapa toko online.

      Baterai lenovo a3000 bisa dicopot mas. Kalau mau ganti baterainya, sampeyan harus buka case belakang yang bagian dalam, jadi harus buka skrup.

      Hapus
  22. misi gan, lenovo A3000 saya jga bermsalah sperti pnya agan, saya lakukan step2 sesuai panduan agan, tpi selalu gagal, padahal sdah instal driver, gonta ganti kabel data, selalu gagal dan keluar ..
    BROM ERROR : S_FT_DOWNLOAD_FAIL(4008)
    tolong pencerahan nya gan, lbih mudah klo agan ada kontak yg bsa d hub, parah nya d kota saya tidak ada counter LENOVO, makasih gan

    BalasHapus
  23. tulisan yg sangat bermanfaat gan, hampir pesimis dikirian tab saya gak akan normal lagi atau minimal harus ke tukang servis. dengan mengikuti langkah2 yg di tulis akhirnya tab saya kembali normal dan anak saya jadi bisa mainin tab nya lagi.. thank's bgt gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,, selamat ya gan. Ikut seneng saya... :)

      Hapus
  24. salam kenal mas,,,
    mas driver usb gak bisa ke install,,dah di coba ke w 7 n w 8 hasilnya sama ajah...
    mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. driver mediatek? langsung install manual saja.

      Hapus
  25. Malam mas mau tanya tablet Lenovo A3000 tidak bisa di cas dan akhirnya mati dengan sendirinya.Coba ganti cas ternyata tidak bisa juga.Coba dinyalakan kembali bisa masuk cuma karena baterai habis lalu mati sendiri, hardreset pun mati sendiri.Apa harus di flash ya mas? Mohon pencerahannya ya mas.Terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah di casnya, mungkin lebih baik bawa ke tempat reparasi dulu, bisa jadi nanti ada penanganan di hardwarenya / casnya.
      Kalau diflash, eman isinya. ;D

      Hapus
  26. malam gan
    di laptop ane ke detectnya sebagai unknown device,nah install drivernya itu gimana yah gan? driver yang agan sediain atau cari lagi di google?
    mohon di jawab gan,terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. drivernya sudah tak sediain, silakan download, dan install manual.

      Hapus
  27. makasih gan berkat artikel nya tablet ane dah bisa nyala lagi :D
    tapi setelah flash tab ane jadi bahasa china,setting ke bahasa inggris atau indonesia nya gimana ya? mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya sudah berhasil.. :D
      Masuk ke bagian setting/pengaturan mas, biasanya gambar iconnya engkol dan obeng. Setelah itu pilih bahasa dan masukan, biasanya gambar iconnya huruf A atau keybord. Setelah itu cari deh bahasanya, biasanya ada tulisan tanda kurungnya. Atau coba prinscreen gambarnya, nanti dicari bareng2.

      Hapus
    2. Kok keluar notif yg isinya failed write sdmmc ?
      Mohon bantuannya mas

      Hapus
  28. klo gk matot bisa pakai cara itu gk

    BalasHapus
  29. Selamat Malam mas Hari..
    hp saya kan dinyalain terus gamau masuk layar awal cuman loading bacaan lenovo, sudah ditunggu sampe 12jam lebih tetep gitu aja.. setelah saya browsing ada salah satu forum yang nyaranin suruh di reset data recovery.. sudah saya coba tapi hasilnya sama aja.. pas lagi loading menghapus data tibatiba mati dan nyala lagi terus muncul loading menghapus lagi habis itu mati nyala dan loading lagi, gitu gitu terus sampe mumet.. gimana solusinya yaa apa pakai cara yang mas hari cocok buat masalah hp saya? mohon dijawab yaa mas terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di hard reset dulu mas,, cek di beberapa komentar di atas ya :)

      Hapus
    2. waduh hati udah lega pas proses donlod.. tapi pas 23% muncul BROM ERROR: S_DA_EMMC_FLASH_NOT_FOUND (3144), maksudnya apa ya mas?

      Hapus
  30. udah beberapakali mas di hard reset.. hasil nya sama aja
    oh ya bisa ga selain pake pc?

    BalasHapus
  31. maksudnya lewat sd card gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmn hasilnya? tabku juga gitu tp a3500 mau nyoba cari diatas tp takut makin parah.

      Hapus
  32. thxgan a3000 ane idup lg

    BalasHapus
  33. halo mas hari aku mau nanya, tabku ngehang trs aku udah nyoba reset yg neken tombol reset di deket simcard trs aku nyalain tp berenti cm sampe sebatas tulisan lenovo aja, aku reset lg trs aku cas indikatornya masuk ko. trs udah nyoba pencet tombol power sm 2 tombol volume tp ttp aja stuck disitu, direboot ngga mau. aku mau tanya tipe tabku kan a3500HV_A442_01_37_140929 trs os nya udah sekali diupgrade jd v4.3.2 apa peralatan yg dikumpulin (didonload) sama apa beda ya? mohon dijawab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk A3500, firmware / stockromnya beda mbak...
      semua tool di atas sama kecuali stockromnya, jadi mbak Astri tinggal download stockrom yang sesuai.

      Hapus
    2. iya,, coba di hard reset (bukan sekedar reset). Kalau di hard reset itu akan muncul menu untuk hard reset, jadi akan muncul pilihan untuk wipe data dll.

      Hapus
  34. tanda driver tab kita sukses terinstal itu apa ya, soalnya tanpa nginstal driver pun tab tetap bisa kebaca (kondisi on). nah lain cerita saat off, tab hanya bisa ngecas aja. kemudian saya coba flash dg cara yang ada, semua mentok saat mau download krn tab ga kedetek. lalu saya cobalah instal ada blog yang bilang kl baterai ga dilepas, maka tekan volume aga lama sambil usb tersambung, pernah kedetek sekali, abis itu sempat sy update driver dan sukses tapi tulisannya bukan MTX.. dan saat klik download di SP tool ga terjadi apa2 tuh. akhirnya saya ulang dari awal, kali ini ga kedetek. nah pertanyaannya adalah knp masih ga kedetek saat tab off ya. bnyk blog yang bahas flash saat sudah masuk SP toolsnya, jarang banget yg bhas cara instal drivernya. mohon pencerahannya, tks

    BalasHapus
  35. permisi.. saya bawa a3000 ke tempat serivs hp pihak pertama, katanya battery gk masalah selain software error tapi blm cocok flash selama 1 bulan lalu menarik a3000 utk cari tempat servis pihak dua. ktnya pihak dua, hardware mati malah biaya mahal 200.000.. saya bingung dan butuh bantun solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo dicoba cara di atas mas,,, :)

      Hapus
  36. haloo mas.. saya sudah donlot semua yang harus disiapkan.. tetapi kok saya sambungkan tablet ke PC g ke detect.. di Divice manager juga g muncul Alcater RNDIs.. Kabel data dari Charger Lenovo baru ini..mau install driver V.12 g bisa juga?S

    BalasHapus
  37. Thanks gan, hp ane idup lagi.. mantab!

    BalasHapus
  38. Malam mas.
    Kasus saya lain lagi mas, kalau pasang kabel data hanya charging, tidak terbaca mtp. Deteksi di windows pun tidak, apalagi mau pasang driver. Jadi saya tidak bisa copy file dari storage, apa lagi flashing. Kira2 tablet saya kenapa ya mas?

    BalasHapus
  39. Gan kalo setiap nyalain tab ada tulisan "the prosess com.android.phone telah terhenti" sehabis itu tabnya reboot auto, lalu ada tulisan seperti itu lagi gan..mohon dibantu

    BalasHapus
  40. gan, kalau dicharge hanya keluar tulisan lenovo dan tdk muncul indikator baterai bagaimana? saya hidupin hard reset, dll g berhasil.

    BalasHapus
  41. Mantap, berhasil. Thanks ilmunya gan. keep sharing

    BalasHapus
  42. Pengguna lenovo A3000 ada yang di daerah Jember gak... ane butuh pendamping nih buat yang sudah berhasil flash ulang. Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  43. maps santoso, slot 1 gak visa terbaca, tapi ganti simcard Lain bisa mohon penjelasannya trims.

    ssyanso@yahoo.com

    BalasHapus
  44. mau tanya nih lagi flash berhasil tapi pas dinyalain masih bootloop dengan tulisasn tool dl image fail...
    mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga begitu flashnya success tp masih bootloop =>TOOL DL image Fail! Kenapa ya mas?

      Hapus
    2. Saya juga begitu Flash success tapi masih bootloop => TOOL DL image Fail!Kenapa ya mas?

      Hapus
  45. mas saya sedang melakukan flashing ke lenovo a3000. tetapi setelah flashing masih terjadi bootloop dengan dl image fail. saya sudah beberapa kali flashing dengan rom berbeda selain dari web ini. termasuk juga dengan mencentang da dl all with checksum. tetapi hasilnya masih sama...
    apa ada cara penanganannya?

    kalo ada bisa di pm melalui email saya
    tbagusputera@gmail.com

    BalasHapus
  46. kok firmware nya ga bisa download kang?? apa inet ane yg kacau, hehehhe

    BalasHapus
  47. its work pencet pakai peniti di dekat sim/micro sd slot langsung bisa nyala lagi thanks

    BalasHapus
  48. kang mau tanya dong. cara itu teh bisa buat semua versi tablet lenovo atau yg A3000 aja? soalnya pnya aku ini gx tahu versi A3000 atau A3300.
    apa bisa?

    BalasHapus