Driving Relay - Mengaktifkan Relay 12v dengan 3v Input - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Driving Relay - Mengaktifkan Relay 12v dengan 3v Input

11 komentar
Sebelumnya kita sudah membahas tentang Fungsi Relay, Pengertian, Prinsip, dan Cara Kerja Relay. Kali ini kita akan masuk lebih dalam lagi tentang Relay, yaitu tentan bagaimana men-drive / mengaktifkan relay dengan voltase yang lebih kecil. Hal ini biasanya dialami oleh temen-temen yang baru belajar mikrokontroller. Ketika membuat aplikasi untuk mendrive (menghidup-matikan) relay dengan mikrokontroller, maka yang dibingungkan kadang ketika tidak menemukan relay 5 volt sementara voltase output bahkan tidak sampek 5 volt.

Gimana caranya? Kita menggunakan bantuan transistor untuk mendrive relay. Ingat, fungsi transistor di sini tidak sebagai penaik tegangan, melaikan sebagai switch. Sehingga, jangan berpikir bahwa input 3 volt disini akan naik menjadi 12 volt. Bukan, 12 volt yang digunakan untuk mengendalikan relay didapat dari power supply luar.

Berikut skemanya:

Fungsi Relay - Prinsip Cara Kerja Relay - Pengertian Driving Relay
Skema Driving Relay

Perhatikan, pada gambar saya bagi menjadi tiga bagian yang dilingkari warna kunig-kehiajauan, saya beri label A, B, dan C. Rangkaian utama kita adalah pada lingkaran C, dimana transistor C9013 berfungsi sebagai switch untuk menghidupkan relay. Sedangkan pada lingkaran A, itu hanya sebagai simulasi saja, anggap saja itu alat yang akan dikendalikan oleh relay. Sedangkan pada lingkaran C, itu adalah input 3 volt. Input ini bisa jadi dari kaki mikrokontroller atau ouput lainnya.

Kenapa di rangkaian C ada banyak Resistor? Itu saya pake untuk membagi tegangan saja, saya fungsikan sebagai input. Jadi kalo 12 volt dibagi 4 resistor yang dilainya sama, maka tiap resistor akan memiliki tegangan 3 volt. Seperti pada rangkaian, input saya letakkan pada resistor yang paling bawah, yaitu 3 volt.

Kita kembali ke rangkaian B, disitu ada resistor 10K, resistor tersebut berfungsi sebagai peredam arus sehingga arus yang masuk tidak merusak transistor. Pada transistor C9013 tegangan Basis-Emitor tidak boleh lebih dari 1 volt, jika lebih, maka transistor akan mati. Fungsis 10K ini yang akan membagi tegangan itu, sehingga tegangan jepit Basis-Emitor hanya 0.7 ohm.

Kenapa transistor yang dipilih C9013? iseng aja, itu transistor yang ada di sini. Dalam membuat sakelar dari transistor, pake transistor jenis apa saja bisa, yang penting kita tahu karakteristiknya. Ngngng.. untuk teori lainnya, kapan-kapan ya, yang penting rangkaian ini bisa berfungsi, saya sudah senang hehe.

Oiya, untuk relay 5 volt, rangkaian dasarnya sama saja. Tapi jangan lupa, untuk semua jenis relay, tambahkan diode, diparalel dengan relay. Buat, apa? untuk melindungi transistor dari tegangan back EMF yang bisa merusak transistor. Apa itu back EMF, back EMF itu bisa dipake buat mainan yang dinamakan Joule Thief, cek di sini ( Video : Lebih Memahami Back EMF pada Coil (Konsep dasar Joule Thief) ), kali aja belum tahu :D



Written by Hari Santoso
Driving Relay - Mengaktifkan Relay 12v dengan 3v Input
Bahasan: Sebelumnya kita sudah membahas tentang Fungsi Relay, Pengertian, Prinsip, dan Cara Kerja Relay ....
Published at Jumat, 11 April 2014, Updated at Jumat, 11 April 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

11 komentar :

  1. Gan mau tanya, bagaimana membuat agar suara klakson motor yang pendek menjadi lebih panjang atau bergradasi. Terimakasih. Truckgendong.@gmail.com

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Udah brasil mas trnyata saya harus pake 2 transistor,kalo saya pake 1 transistor ga jalan. Kira2 knpa yaa? soalnya baru prtama x ni buat yg kya bginian.
      Saya pake transistor 13001 punyanya lampu neon

      Hapus
    2. Soalnya karakteristik dan peruntukannya beda mas, kebutuhan arusnya beda dengan yang C9013

      Hapus
    3. Ooo gtu to pntess
      nmbah lmu ni
      Makasi mas

      Hapus
  3. Assalamualaikum, Maaf pak santoso, saya mohon pencerahan, saya sdg belajar elektronika,saya Ada masalah/ide.saya repot mencari motor saya di parkiran. Saya pakai Bel RUMAH yg pake remote. Tapi suara tidak bisa keras. Saya Ada ide,bagemana jika rangkaian Bel tersebut ditambahi relay yg bisa terhubung ke klakson motor supaya klakson bisa bunyi dengan remote bawaan Bel tersebut. Apa bisa? Mohon pencerahanya.salam kenal. Doni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mas Doni. Itu ide bagus dan saaangat bisa direalisasikan. Nanti sampeyan coba cari kabel dari aki yang berfungsi untuk menghidupkan klakson manual saat kunci motor belum dihidupkan. Soalnya defaultnya klakson tidak nyala kalau kunci motor belum dinyalakan...

      Ditunggu progres selanjutnya ya..

      Hapus
  4. Mau nanya mas rumus cari RB nya gmna yah? Sama htung beban relay! Contoh :
    Sya ingin menggerakkan relay merk hela 12V 30A, dgn bebanya klakson mobil merk hela 2biji! Ap bisa pkai driver di ats? Oy tuk inputnya sya ambil dr saklar sentuh 9v mhon petunjuk.

    BalasHapus
  5. mas gimana caranya ngifupin relay dengan input sinyal 3,7v

    BalasHapus