[ Mekanika & Dasar Fisika-Kimia ]

[ Elektronika & Mikrokontroler]

[ Informatika & AI ]

[ OOT ] - Otak Kanan

Jumat, 15 Maret 2013

Pengertian, Fungsi, Prinsip, dan Cara Kerja Relay

Tahu kenapa sein motor dan mobil kita berbunyi 'tek tek tek'? Kok bisa ya ada pompa air otomatis? Itu semua adalah aplikasi dari relay. Sudah tahu apa itu relay? Bagaimana cara menggunakan relay?

Relay adalah komponen listrik yang bekerja berdasarkan prinsip induksi medan elektromagnetis. Jika sebuah penghantar dialiri oleh arus listrik, maka di sekitar penghantar  tersebut timbul medan magnet. Medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik tersebut selanjutnya diinduksikan ke logam ferromagnetis.

Logam ferromagnetis adalah logam yang mudah terinduksi medan elektromagnetis. Ketika ada induksi magnet dari lilitan yang membelit logam, logam tersebut menjadi "magnet buatan" yang sifatnya sementara. Cara ini kerap digunakan untuk membuat magnet non permanen. Sifat kemagnetan pada logam ferromagnetis akan tetap ada selama pada kumparan yang melilitinya teraliri arus listrik. Sebaliknya, sifat kemagnetannya akan hilang jika suplai arus listrik ke lilitan diputuskan.


Berikut ini penjelasan dari gambar di atas:
  • Amarture, merupakan tuas logam yang bisa naik turun. Tuas akan turun jika tertarik oleh magnet ferromagnetik (elektromagnetik) dan akan kembali naik jika sifat kemagnetan ferromagnetik sudah hilang.
  • Spring, pegas (atau per) berfungsi sebagai penarik tuas. Ketika sifat kemagnetan ferromagnetik hilang, maka spring berfungsi untuk menarik tuas ke atas.
  • Shading Coil, ini untuk pengaman arus AC dari listrik PLN yang tersambung dari C (Contact).
  • NC Contact, NC singkatan dari Normally Close. Kontak yang secara default terhubung dengan kontak sumber (kontak inti, C) ketika posisi OFF.
  • NO Contact, NO singkatan dari Normally Open. Kontak yang akan terhubung dengan kontak sumber (kontak inti, C) kotika posisi ON.
  • Electromagnet, kabel lilitan yang membelit logam ferromagnetik. Berfungsi sebagai magnet buatan yang sifatya sementara. Menjadi logam magnet ketika lilitan dialiri arus listrik, dan menjadi logam biasa ketika arus listrik diputus.
  • Aplikasi Rangkaian Pemicu Relay, ini adalah rangkaian / alat yang akan memicu relay untuk menjadi ON ketika sesuai situasi / kondisi tertentu. Rangkaian pemicu ini biasanya memiliki sensor atau rangkaian timer (memanfaatkan 'time delay'). Rangkaian yang menggunakan sensor misalnya sensor suhu, sensor air, sensor cahaya, sensor arus, dll. Sedangkan rangkain timer misalnya timer pada mesin cuci, timer tv, dll.
Sebenarnya aplikasi relay banyak sekali. Dari mobil-mobilan, kulkas, lampu sein motor dan mobil, pompa air otomatis, hingga peralatan pada pesat terbang. Dari relay yang jenisnya kecil hingga yang mempunyai daya besar. Dari relai DC 5 volt, 12 volt hingga yang bervoltase tinggi. Keuntungan kita dalam menggunakan relay:
  1. Kita bisa membuat rangkaian otomatis penyambung/pemutus (switch) tegangan  AC dan DC
  2. Relay bisa digunakan pada switch tegangan tinggi
  3. Relay juga menjadi solusi pada switch dengan arus yang besar
  4. Bisa melakukan swith pada banyak kontak dalam waktu yang bersamaan
Jika mau bertanya atau berdiskusi, silakan isi komentar. Masukan dan sarannya juga sangat kami butuhkan.. :)

Contoh cara mengaktifkan relay 12 volt dengan inputan 3 volt atau yang lebih rendah... klik Driving Relay - Mengaktifkan Relay 12v dengan 3v Input








26 komentar :

  1. pertanyaan saya:
    1.Bagaimana jika klakson/lampu tanpa relay..apakah keuntungan tanpa relay dan menggunakan relay...?
    2.Apa keuntungan jika Relay di double (artinya relay yang dipakai lebih dari satu untuk satu lampu) apakah lebih bagus...?

    BalasHapus
  2. :)
    1. klakson/lampu itu membutuhkan daya yang cukup besar (apalagi jika langsung ke aki), sehingga kadang timbul percikan api di sakelar lampu/klakson. Akibatnya sakelar jadi cepat rusak, meleleh, atau terbakar. Dengan adanya relay, kita hanya membutuhkan daya kecil pada sakelar sehingga tidak menimbulkan percik api, sebab daya yang besar untuk lampu/klakson akan disakelarkan oleh relay. Selain itu, daya yang besar/maksimal akan membuat bunyi klakson lebih nyaring dan lampu lebih terang.

    2. Pakai satu saja sudah cukup. Jika lebih dari satu, maka delai untuk menyalakan lampu akan bertambah. Misal untuk menghidupkan 1 relai butuh 0.1 detik, maka jika menggunakan 2 relai akan menjadi 0.2 detik. Selain itu, rangkain juga semakin rumit dan ya... bisa dikatan percuma juga. :) . Kalau dilihat dari fungsi relay yang seperti itu, pakai satu relay saja sudah cukup.

    begitulah penjelasan singkatnya, mas immanuel... apa ada yang kurang?

    BalasHapus
  3. Klo untuk alarm motor w/ remote fungsi relay buat apa ya bro?sb gw sering dengar klo untuk motor dg cc besar perlu ditambahkan relay tambahan tq

    BalasHapus
  4. Betul bro, alarm itu kan butuh pemicu (seperti gambar skema di artikel), otomatis pemicu akan nyala terus-menerus. Pemicu biasanya dibuat seefisien mungkin dalam penggunaan listrik biar listrik pada aki tak cepat habis. Artinya pemicu hanya digunakan untuk mengaktifkan relay saja.

    Nah, tugas relay itu nyambungin aki langsung ke alarm. Alarm yang langsung nyambung ke aki akan mempunyai bunyi yang maksimal sebab listrik dari aki juga maksimal karena terhubung secara langsung tanpa melewati komponen2 elektronik lainnya.

    Begitu kira-kira mas Lazuardi.. btw terimakasih sudah mampir :)

    BalasHapus
  5. apakah bisa relay dipakai untuk membuat arus dari cdi motor lebih besar

    BalasHapus
  6. apakah bisa koil dipakai relay agar arus yang dihasilkan busi lebih besar

    BalasHapus
  7. mas tito, :) relay hanya berfungsi sebagai sakelar, tidak bisa menurunkan/menaikkan arus..

    BalasHapus
  8. berapa sih mas daya yang dibutuhkan untuk mengaktifkan relai (mengaktifkan kumparan elektromagnetik pada relai)

    BalasHapus
  9. eh nambah, apa gak ada mas relay yang elektronik (yang dibuat dari rangkaian elektronika)

    BalasHapus
  10. Tergantung relay yang kita beli. Yang saya inget, di badan relay akan tertera voltasenya, misal 3volt, 5volt, 12 volt, dll.
    Relay memang untuk rangkaian elektronik, :) , kayak di HT (handy talkie), mobil yang pake remote control (untuk belok kira atau kanan), dan banyak lagi.

    BalasHapus
  11. Saya mau tanya relay yg cocok buat mematikan lampu senja, jika lampu sen menyala kanan atau kiri maka lampu senja akan mati dua duanya (mati kanan kiri? Trs rangkaiannya bagaimana? Makasih

    BalasHapus
  12. Mas cara pemasangan relay jika kakinya terpasang terbalik bagaimana, apakah berpengaruh ke rangkaian?

    BalasHapus
  13. Salam Mas, kalau buat menstabilkan arus listrik rumah agar tetap 220 - 240 volt gimana Mas? soale rumahku 1300 watt tapi ga bisa menjalankan kompresor AC..dan kalaupun kompresor nyala, maka ga lama turun listriknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo voltasenya naik turun bisa pake stavolt..

      Hapus
  14. Mcm mana ya prinsip kerjanya..boleh admin terangkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasan gambarnya apa belum jelas bang?

      Hapus
  15. selamat malem gan ...
    ane mau tanya , kalo relay 12volt di jadiin 5volt bisa apa enggak gan ?? soalnya ane nyari relay 5 volt susah di pasaran , adanya 12 volt mulu ;)
    makasih gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk mengaktifkan relay 12volt dg 5volt bisa pake penguat mas, misal pake TIP112

      Hapus
  16. apakah pengertian dan cara kerja "Time Delay Relay" sama dengan "Relay" ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mas, relay itu alat. Tapi kalo time delay relay itu istilah lain dari timer. Contoh time delay relay adalah rangkaian flip-flop, di situ tidak ada relay. Tapi fungsinya seakan-akan ada relay yang hidup-mati bergantian berdasarkan wakti (time) jeda. Contoh lain adalah timer untuk mematikan televisi otomatis, alarm, dll yang berhubungan dengan pewaktu.

      Hapus
  17. mas, saya lagi bikin alat dimana output dari gpio alat saya itu 3,3volt. sedangakan alat yang akan di kontrol oleh alat tersebut mengguanakan aki yang voltage nya 12 volt.. bisa bantu saya untuk rangkaian relay nya gak mas.. thank you mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ngontrol alat itu setrumnya dari apa mas? kalo misal pake power supply 12v atau 5v, masih bisa pake bantuan transistor NPN 2N2222 untuk memicu relay 12v atau 5v sesuai power supply. Tapi kalo misal dari baterai, brarti harus pake penaik tegangan dulu mas.

      Hapus
    2. sebenarnya transistor 2N2222 itu pilihan saja, yang penting pake resistor NPN..

      Hapus