Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas

Tidak ada komentar
Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas
Gambar rangkaian USB to serial dengan kabel DKU-5
Berniat untuk nyoba gimana hyperterminal jika dihubungkan ke mikro, ternyata baru tau kalo hyperterminal bisa dipake untuk analisa dan akuisisi data dari mikro. Misal kayak print atau semacam logger. Jadi kita bisa tahu apakah data yang diproses oleh mikro itu benar atau masih keliru.

Setelah searching, eh nemu hyperterminal dan koneksi rs232. Awalnya bingung, gimana kalo pake leptop, kan ndak ada port serialnya. Setelah searching lagi, nemu solusi, yaitu pake usb to rs232 atau usb to serial. Nah, ketika sambil baca-baca nemu artikel tentang bagaimana menjadikan kabel DKU-5 sebagai pengganti usb to serial. Kenapa kok bisa begitu? Karena pada kabel DKU-5, pada bagian head belakang usbnya agak ngembung, nah di situ ada perangkat elektronik untuk mengkonversi dari usb ke serial. Terlepas dari bagaimana cara kerjanya, kita akan fokus pada fungsi port pada kabel tersebut.

Untuk membuat usb to serial dengan kabel DKU-5, sebenarnya sederhana saja. Kita hanya butuh menghubungkan pin ke 5, 6, dan 7 ke mikro. Dimana pin-pin tersebut mewakili dari Rx, Tx, dan Ground. Seperti tampak pada gambar berikut:

Kabel PIN DKU-5 Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas
Gambar posisi pin kabel DKU-5
Biasanya, untuk menjadikan DKU-5 sebagai usb to serial, maka konektor di atas dibuang. Kabel langsung diberikan atau dipasang pada konektor DB9 untuk konek ke port di mikro. Atau ada juga yang hanya menambahkan kabel pin untuk dihubungkan ke kaki mikro secara langsung. Tapi kali ini, kita tidak akan merusak kabel yang sudah ada, melainkan kita akan membuat kabel konektor yang berfungsi sebagai interface dari DKU-5 ke DB9 dengan port yang biasa dipake untuk DKU-5 pada ponsel bekas.

Jadi bahan-bahan yang diperlukan yaitu, kabel secukupnya, port DB9 male (laki), port charger / untuk koneksi DKU-5 pada ponsel bekas (misal 6610, 6615, dll). Sehingga bahan-bahan port seperti tampak pada gambar di bawah. Ini saya copot dari ponsel bekas.

Kabel PIN DKU-5 Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas 2

Kalo untuk DB9 male beli, 3rebu. Seperti ini.

PIN kabel serial Kabel PIN DKU-5 Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas
Gambar pin untuk konektor DB9
Setelah dirangkai berdasarkan pin-pin yang sudah diberi tanda di atas, maka jadilah USB to serial dengan DKU-5 tanpa harus merusaknya. Sori, tulisannya singkat, dan terkesan buru-buru. Ini sudah capek dari tadi, cuman untuk ninggalin jejak aja. Kapan-kapan kalo ada waktu tak perbaiki tulisan ini. Kalo ada waktu. (nggak janji :p )

Selanjutnya, untuk mengecek hasilnya bisa menggunakan Hyperterminal atau PuTTY. Untuk lebih detailnya bisa cek di tulisan berikut:
1. Cek DKU-5 / USB to Serial dengan Hyperterminal
2. Cek DKU-5 / USB to Serial dengan PuTTY


Written by Hari Santoso
Membuat USB to Serial RS232 dengan Kabel DKU-5 dan Ponsel Bekas
Bahasan: Gambar rangkaian USB to serial dengan kabel DKU-5 Berniat untuk nyoba gimana hyperterminal j...
Published at Senin, 31 Maret 2014, Updated at Senin, 31 Maret 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar