PuTTY : Aplikasi Komunikasi Serial (RS232) Pengganti Hyperterminal - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

PuTTY : Aplikasi Komunikasi Serial (RS232) Pengganti Hyperterminal

Tidak ada komentar
 Menggunakan PuTTY : Aplikasi Komunikasi Serial (RS232) Pengganti Hyperterminal
Pada sistem operasi Windows 7 dan yang lebih baru tidak lagi mengikutsertakan aplikasi Hyperterminal seperti pada Windows XP. Lalu bagaimana jika ingin membuat koneksi ke peralatan lain dengan Hyperterminal? Untuk masalah ini, solusinya ada dua, bisa download aplikasi Hyperterminal di artikel sebelumnya [0], atau menggunakan PuTTY. PuTTY? Ya, PuTTY. Download saja filenya dari link pada bagian referensi di bagian akhir artikel ini [1].

Mungkin hal ini banyak yang tahu, akan tetapi saya baru sadar ketika melihat jenis koneksi yang disediakan oleh PuTTY. Biasanya sih, saya menggunakan PuTTY hanya untuk melakukan koneksi SSH ke komputer / server yang ada di jaringan intranet atau internet. Tapi, selain koneksi SSH, telnet, dan RLogin, ternyata PuTTY juga bisa untuk koneksi serial :D baru tahu.

Menggunakan PuTTY : Aplikasi Komunikasi Serial (RS232) Pengganti Hyperterminal

Silakan buka aplikasi PuTTY, tandai pilihan "Serial", kemudian sesuaikan baudrate dan port Serial pada komputer. Kalo belum tahu cara melihat ada di COM berapa kabel serialnya (atau bisa juga pake USB to Serial), bisa cek dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya [0].

Setelah itu, menu Category, pilih Connection dan Klik menu Serial. Selanjutnya tentukan konfigurasi-konfigurasi sesuai keperluan. Misal pada contoh ini kita ingin ngecek apakah kabel kita bisa mengirim atau menerima data, maka ganti bagian Flow Control menjadi "None", seperti tampak pada gambar.

Menggunakan PuTTY : Aplikasi Komunikasi Serial (RS232) Pengganti Hyperterminal

Untuk informasil lebih detail tentang cara ngecek kabel Serial (atau USB to Serial) masih berfungsi dengan baik, bisa menggabungkan tutorial ini dengan artikel sebelumnya yaitu tentang cara menyambung pin untuk mengirim dan menerima data dan mengeceknya dengan Hyperterminal. Untuk hasilnya, seperti pada gambar paling atas pada artikel ini. :) Semoga bermanfaat.

Refs :
[0] Cara Cek/Tes Kabel DKU-5 & USB to Serial (rs232) Converter Normal atau Rusak
[1] http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/PuTTY/download.html


Written by Hari Santoso
PuTTY : Aplikasi Komunikasi Serial (RS232) Pengganti Hyperterminal
Bahasan:   Pada sistem operasi Windows 7 dan yang lebih baru tidak lagi mengikutsertakan aplikasi Hyperte...
Published at Rabu, 30 April 2014, Updated at Rabu, 30 April 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar