[ Mekanika & Dasar Fisika-Kimia ]

[ Elektronika & Mikrokontroler]

[ Informatika & AI ]

[ OOT ] - Otak Kanan

Sabtu, 23 Februari 2013

Mengatasi Listrik Anjlok / Jeglek dengan Resistor

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang resistor.  Pada artikel lain, kita sudah membahas tentang Mengitung atau Mengukur Hambatan Resistor. Untuk itu, artikel ini sekedar sharing pengalaman tentang listrik rumah yang sering njeplak / njeglek / anjlok / MCB di meteran lemah dan sering switch off saat ngidupin perangkat komputer. Kalo di kontrakan saya mah nyolokin charger Thinkpad aja udah jeplakk, maklum cuman 450VA dan MCB-nya lemah.

Sekedar informasi bahwa listrik yang sering njeplak biasanya ada dua kemungkinan, yang pertama beban listrik di rumah sudah melewati batas VA MCB (misal 450VA, 900VA, 1300VA, dst) atau MCB yang ada pada meteran sudah lemah sehingga sangat sensitif terhadap kenaikan daya beban dan jadi mudah njeplak.

Pada dasarnya, alat-alat elektronik yang kita pakai ada yang menggunakan soft starter dan ada yang tidak. Alat / komponen elektronik yang biasa dipakai untuk soft starter ada beberapa macam seperti menggunakan Triac, menggunakan beban yang diseri dengan peralatan elektronik, menggunanakan komponen pembatas arus seperti resistor, dan menggunakan capasitor bank.

Dari beberapa jenis soft starter tersebut, pada tulisan ini akan dicontohkan rangkaian soft starter yang menggunakan pembatas arus dengan resistor. Resistor yang digunakan adalah resistor dengan watt besar. Semakin kecil watt, maka resistor akan semakin mudah panas tergantung beban alat elektronik yang kita gunakan. Kebetulan yang diujicoba kali ini adalah resistor kapur 22 Ohm 20 Watt. Berikut rangkaian dasar alias rangkaian paling sederhana untuk soft starter menggunakan resistor.

Resistor pada rangkaian di atas akan menambah beban yang dikonsumsi listrik dan akan bekerja terus menerus. Dengan demikian, perlu dipasang sakelar pemutus sebagai bypass. Dengan sakelar bypass, arus listrik akan mengalir tanpa melewati resistor sehingga resistor tidak memakan daya yang biasanya jika terlalu besar akan ditandai dengan panas.

Berikut ini contoh hasil eksperimen pembuatan softstarter dengan resistor yang dipasang pada stop kontak / colokan.


Tips Pribadi:

Cara penggunaannya 1 (Jika satu perangkat):
1. Colokkan Soft starter ke stop kontak listrik.
2. Pastikan sakelar terputus untuk mengaktifkan resistor soft starter.
3. Colokkan perangkat kita ke stop kontak soft starter.
4. Setelah beberapa detik, hidupkan sakelar sehingga resistor soft starter di-bypass.

Cara Penggunaan 2 (Jika banyak perangkat):
1. Lepas soft starter dari stop kontak listrik.
2. Putus sakelar agar reistor soft starter aktif.
3. Colokkan perangkat-perangkat yang akan kita hidupkan ke stop kontak soft starter.
4. Colokkan soft starter ke colokan listrik.
5. Setelah beberapa detik, hidupkan sakelar agar resistor soft starter di-bypass.








21 komentar :

  1. mas misalkan
    memakai resistor dan sesuai dgn prosedur anda itu, tapi pemakaian arus listrik nya melebihi batas pada CB

    Apa tidak'jeglek' ya??

    makasih sbelumnya---

    BalasHapus
  2. tentu jeglek,, misal kita pasang listrik 450va dari pln. tentu yang dipasang adalah mcb yang hanya bisa ngelewati arus sampai 2 amper (tepatnya 450/220), lebih dari itu, mcb jeglek.

    BalasHapus
  3. Listrik ane 450wat tz mau pake 700wt caranya gmn? Lz ke hp ane aja bang! 08976672803

    BalasHapus
  4. Min bila resistornya daya yang lebih tinggi apakah tidak apa apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa-apa mas, kalo daya lebih tinggi tidak akan cepat panas, tapi kan otomatis ngonsumsi daya banyak juga.

      Hapus
  5. Kalau buat komputer mendingan di paraler apa seri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaannya harus seri, kalo diparalel ndak bisa.

      Hapus
  6. gan kalo nyolokin stop kontaknya kebalik apa gak masalah,alnya ane liat resistornya ke positip...

    BalasHapus
  7. Kalau 1300 ke 2200 harus pakai resistan brp ohm gan?

    BalasHapus
  8. Kalau listrik kita pakai token apa bisa gan?

    BalasHapus
  9. di gambar kok kaki resistornya terbuka diluar colokan gan, apa gak bahaya kesetrum ???

    BalasHapus
  10. Gan,Kalau untuk jet pump yang daya listriknya 400Watt dan bisa mencapai 800-900Watt saat pertama di hidupkan itu oakai resistornya yang berapa ohm gan?

    BalasHapus
  11. gan, listrik ane 900watt tz ane mau pake 1000watt biar tdk jeglek di akalin gmn gan? mohon bantuannya, ane tgg smsnya gan d 08152540599.
    makasih

    BalasHapus
  12. kalo konsumsi alatnya diatas kapasitas meteran ya ndak bisa pake alat itu,, itu fungsinya hanya sebagai soft starter saja

    BalasHapus
  13. gan, ane di rumah daya listrik 900watt, sya buka net dngn jumlh 13 unit mampu nyala, pi udh 6bln lamany, kok skrng cuman 6 unit yg bisa nyala gan?? lo di nyalakn smuany, MCB balek terus..mohon solusiny gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa kemungkinan:
      - ada yg korslet di antara lampu / kabel yang dipake
      - selain lampu itu ada peralatan laing yang nyala ndak?
      - mcb sudah lemah, jadi ganti yang baru

      Hapus
  14. gan, ane pake listrik 900watt, com saya 13 unit udh 6bln MCB gkd balek, pi skrng tiba2 membalek terus gan??? nohon solusiny gan.. SmS 081992130114

    BalasHapus