Mengukur Hambatan dan Menghitung Gelang Warna Resistor - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Mengukur Hambatan dan Menghitung Gelang Warna Resistor

Tidak ada komentar
Tahu isi dari alat yang digunakan sebagai rangkaian softstarter? Atau alat anti jeglek / anjlok /jempret? Itu menggunakan resistor.

Kali ini kita akan belajar mengenai salah satu komponen pasif pada elektronika, yaitu resistor. Resistor merupakan komponen dasar elektronika yang berfungsi sebagai hambatan. Dengan resistor kita bisa menghambat arus/muatan listrik, membagi tegangan, dan banyak lagi fungsinya. Resistor terbagi menjadi beberapa macam, dari yang bentuknya kecil hingga yang bentuknya besar. Dari yang waat-nya kecil hingga yang wattnya besar. Dari yang berjenis lilit kawat, berbahan film, hingga yang berbahan karbon.

Pada tulisan kali ini kita akan berfokus pada caramenghitung hambatan resistor berdasarkan warna gelang pada badan resistor. Dengan demikian, kita harus tahu arti dari kode warna pada resistor berdasarkan tabel berikut.

daftar Mengukur Hambatan dan Menghitung Gelang Warna Resistor

Ada beberapa jenis resistor yang beredar di pasaran denga jumlah gelang dan, ukuran, dan bentuk yang berbeda. Resistor ada yang memiliki empat gelang dan ada yang memiliki lima gelang warna, bisa dilihat pada gambar di atas. Jika ada empat gelang, tiga gelang pertama menjadi nilai resistor, sedangkan satu gelang yang diletakkan renggang akan menjadi toleransi. Yaitu jika nilai resistor adalah 22k ohm, maka nilai tersebut bisa lebih atau bisa kurang sesuai dengan nilai toleransinya.

Mengukur Hambatan dan Menghitung Gelang Warna Resistor 1

Mengukur Hambatan dan Menghitung Gelang Warna Resistor 2

   
Keteranga untuk contoh pada gambar di atas, jika dihitung berdasarkan warna gelang, maka nilainya adalah 22k ohm. Akan tetapi ketika dihitung dengan multimeter, ternyata nilainya hanya 21.6k ohm sebab nilai toleransinya adalah 5% (+/- 1100 ohm). Sedangkan untuk empat gelang, hambatan berdasarkan warna gelang adalah 1k ohm dengan toleransi 1%(+/- 10 0hm). Ketika diukur dengan multitester, nilainya juga 1k ohm sebab toleransinya kecil.

Untuk implementasinya, bisa cek di Mengatasi Listrik Anjlok / Jeglek dengan Resistor.

Tips Pribadi: Untuk menghafal warna, bisa menggunakan akronim CO-MEJIKUHIBIU-APU (Coklat(1) - Merah(2) Jingga(3) Kuning(4) Hijau(5) Biru(6) Ungu(7) - Abu2(8) Putih(9)). Untuk warna hitam, emas, dan perak, gampang ngapalnya. Hitam nol, emas sama perak cuman jadi toleransi. Yak, cukup dulu untuk kali ini.


Written by Hari Santoso
Mengukur Hambatan dan Menghitung Gelang Warna Resistor
Bahasan: Tahu isi dari alat yang digunakan sebagai rangkaian softstarter? Atau alat anti jeglek / anjlok /j...
Published at Jumat, 22 Februari 2013, Updated at Jumat, 22 Februari 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar