Timer Adzan Otomatis untuk Masjid dan Musholla - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Timer Adzan Otomatis untuk Masjid dan Musholla

1 komentar
Timer Adzan otomatis

Tidak, alat adzan otomatis ini bukan jam digital masjid. Alat ini juga bukan sekedar software atau aplikasi alarm suara mp3 orang adzan. Alat ini juga tidak untuk menggantikan muadzin.

Alat ini adalah alat agar para muadzin tidak telat melakukan adzan. Bagaimana cara kerjanya?

Alat ini bertugas untuk menghidupkan speaker atau amplifier beberapa menit sebelum waktu adzan. Selain menghidupkan speaker, alat ini juga bertugas untuk memutar suara shalawat sebelum waktu adzan, murotal quran sebelum adzan, atau yang lainnya yang biasanya diputar sebelum adzan berkumandang.

Kenapa penulis ingin membuat alat adzan otomatis ini?

Sekedar cerita waktu masih kuliah, penulis pernah menjadi takmir masjid selama satu tahun di kota Malang. Ketika waktu adzan tiba, sedangkan penulis sedang kecapean tidur, tiba-tiba kaget bangun karena alarm dari ponsel. Karena buru-buru, maka penulis tidak sempat menyalakan shalawat sebelum adzan. :(

Begitu juga ketika subuh atau puasa. Ketika terlambat bangun lebih awal, maka suara bacaan shalawat sebelum adzan juga tidak sempat diputar sehingga jamaah juga ada yang telat bangun subuh. Bahkan yang biasanya bangun saat mendengar suara speaker 30 menit sebelum subuh, jadi terlambat bangun juga.

Begitu lah kisahnya... :)

Jadi, alat ini sebagai alarm bagi muazdin dan para jamaah di sekitar masjid atau mushalla. Selain bermanfaat bagi para jamaah, diharapkan muadzin lebih santai dan fokus beribadah, atau melakukan aktifitas lainnya sebelum waktu adzan dimulai.

Secara prinsip, alat ini memang merupakan pengembangan dari jam digital yang biasanya dipasang pada dinding masjid yang menunjukkan waktu shalat dan iqomah. Akan tetapi, alat ini tidak difokuskan untuk fungsi seperti jam digital masjid. Jadi kawan-kawan yang sudah memiliki produk jam digital bisa memperluas dan menambah produknya dengan alat ini.

Anda berkenan untuk join kerja sama?


Written by Hari Santoso
Timer Adzan Otomatis untuk Masjid dan Musholla
Bahasan: Tidak, alat adzan otomatis ini bukan jam digital masjid . Alat ini juga bukan sekedar software atau aplikasi alarm suara mp3 orang adza...
Published at Minggu, 22 Oktober 2017, Updated at Minggu, 22 Oktober 2017
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

1 komentar :