Software Kasir Toko + Laporan Keuangan Online, Mau? - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Software Kasir Toko + Laporan Keuangan Online, Mau?

2 komentar
software kasir untuk toko online
Tampilan Software Kasir setelah login.
Sedikit cerita tentang software kasir yang baru saya buat. Program kasir ini siap dipakai oleh sebuah toko yang memiliki banyak cabang, entah itu toko online atau offline. Apalagi saat ini toko-toko sudah banyak yang menggunakan komputer. Sebenarnya aplikasi ini adalah pesanan dari seorang kawan yang memiliki usaha print dan fotokopi, dan usahanya ini berkembang hingga memiliki beberapa cabang. Emm, cerita begini...

Kawan saya ini memiliki usaha print dan fotokopi yang tersebar di beberapa tempat di kota Malang. Karena beliaunya sibuk dan tidak bisa memantau cabang usahanya satu-persatu, maka beliau minta dibuatkan sebuah aplikasi yang bisa mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran, termasuk kondisi keuangan di masing-masing cabang tersebut. Dengan demikian, solusi dari problem tersebut adalah membuat aplikasi kasir sederhana yang berbasis online sehingga aplikasi bisa diakses dari masing-masing cabang.

Dengan aplikasi online ini, seluruh transaksi bisa dilakukan secara realtime. Bahkan kawan saya sebagai owner bisa memantau pemasukan dan pengeluaran (juga) secara realtime, entah dengan komputer dekstop, tablet, atau smartphone. Tapi muncul masalah.

Masalahnya adalah : tidak semua cabang usahanya memiliki koneksi internet!

Setelah sejenak berpikir, kenapa tidak membuat aplikasi desktop saja? Lalu ketika toko akan tutup, maka partner yang stand by di cabang usahanya itu mengupload laporan ke aplikasi yang sudah disiapkan di internet. Jadi, aplikasi ini lebih sederhana karena diinstal di komputer toko. Dengan demikian, laporan pemasukan dan pengeluaran pada hari itu bisa dieksport ke dalam file, kemudian file tersebut diupload ke internet sehingga perkembangan usaha bisa dipantau secara online.

Untuk alasan keamanan, maka file laporan hasil eksport dienkripsi dengan algoritma tertentu sehingga tidak bisa diedit.

Nah, karena kawan saya usahanya di bidang print dan fotokopi, maka aplikasi ini hanya dibuat khusus untuk print dan fotokopi. Aplikasi ini dibangun dengan database SQLite dengan alasan database tersebut simpel, relational, dan ada di berbagai platform. Sehingga, jika aplikasi ini akan dikembangkan dalam platform mobile, "tinggal" mengubah interface dan core aplikasinya. Kata "tinggal" di sini tentu tidak semudah yang dibayangkan, sebab pembuatan aplikasi mobile memiliki effort yang lebih banyak. :))

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah VB.NET dengan alasan setiap cabang menggunakan aplikasi Windows, dan yang pasti saat kami diskusi, beliau butuhnya "cepat". Meski istilah "cepat" juga tidak bisa secepat niup lilin, hehehe.

Yang pasti, sebenarnya sudah banyak program toko atau aplikasi kasir yang bisa didownload secara gratis di internet. Bahkan ada beberapa aplikasi yang diberikan secara gratis dan full version. Meskipun aplikasi penjualan ini masih bukan yang terbaik, tapi aplikasi ini dibuat sesuai dengan kebutuhan kawan saya dengan beberapa fitur sebagai berikut :
  • Bisa menampilkan pemasukan dan pengeluaran
  • Bisa mencatat hutang. Ketika ada yang hutang, maka tidak diingat dalam otak, tapi disimpan ke database. Sehingga, ketika operatornya berganti, maka catatan hutang tetap ada.
  • Bisa mencatat uang kembalian, sebab kadang ada customer yang kembaliannya disimpan di toko dan akan digunakan pas mau ngeprint atau fotokopi lagi.
  • Bisa membuat laporan uang yang disetor ke kawan saya sebagai BOS-nya
  • Bisa membuat laporan secara online. Dengan cara export - kemudian diupload.
  • Pemantauan laporan bisa secara online.
  • Menambahkan stok atau pengeluaran rutin seperti makan siang, bayar PLN, air minum, PDAM, dll.

Nah, dari spesifikasi software tersebut, maka terbentuklah software kasir dengan fungsi sederhana dan sesuai dengan kebutuh. Kalau dipikir-pikir sih, saya menyimpulkan bahwa aplikasi yang terbaik adalah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Misal, kawan saya belum membutuhkan barcode atau semacamnya, sehingga fungsi barcode tidak dimasukkan agar tampilannya lebih sederhana dan tidak terbebani dengan fungsi yang tidak terpakai. Beberapa penampakan dari aplikasi bisa Anda lihat di bawah ini.
program toko sederhana
Tampilan halaman login.
program penjualan tidak gratis download
Menu-menu pada aplikasi
program kasir tidak full version
Tampilan Menu Master dalam program
aplikasi toko online belum jadi terbaik
Tampilan Menu Pengaturan, semua disetting agar diedit secara langsung
aplikasi penjualan lengkap dengan stok barang
Tampilan Menu Kasir, terdapat history pada hari itu dan menu untuk menginput Transaksi, Belanja stok atau pengeluaran, dan pembayaran hutang
aplikasi kasir terbaru 2016 untuk grosir
Tampilan saat menginput transaksi pembelian, tabel bisa langsung diedit, pengaturan sisa pembayaran, ada icon di setiap barang dan jumlah stok yang tersedia
software toko komputer zip
Tampilan form untuk belanja dan menambah stok
software penjualan terbaik
Menu tampilan untuk menginput pembayaran hutang, mencari nama pelanggan atau menambah pelanggan
software kasir belum bisa untuk toko bangunan
Tampilan Form untuk menginput pendapatan yang disetor pada BOS (diambil oleh bos)
Software minimarket sederhana
Menu Laporan untuk Admin
tampilan menu laporan aplikasi penjualan online
Tampilan laporan untuk partner yang menjaga toko, menu export untuk mendownload seluruh laporan hari ini.
Program toko untuk stok dan grosir
Tampilan Laporan data pelanggan, data hutang, dan uang pelanggan yang ada di toko (simpanan)

Semoga postingan kali ini menginspirasi bagi Anda yang ingin membuat software atau yang ingin memilikinya. Berhubung software toko ini adalah pesanan, jadi saat ini belum bisa di downlaod secara gratis. Jadi, jika Anda ingin memilikinya, belum bisa saya sharing. FYI, program ini sedang dikembangkan lagi dan deadline rilis sekitar pertengan atau akhir mei dengan tampilan yang lebih sederhana. Jika Anda punya saran, isi saja di komentar, dengan senang hati kami pertimbangkan... :)


Written by Hari Santoso
Software Kasir Toko + Laporan Keuangan Online, Mau?
Bahasan: Tampilan Software Kasir setelah login. Sedikit cerita tentang software kasir yang baru saya...
Published at Minggu, 24 April 2016, Updated at Minggu, 24 April 2016
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

2 komentar :

  1. Untuk databasenya menggunakan apa ya
    btw untuk tampilannya menarik gan

    BalasHapus