Belajar Arduino untuk Pemula - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Belajar Arduino untuk Pemula

2 komentar

Tulisan ini akan mengawali perjalanan untuk memahami arduino lebih dalam dan memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari. Jangan salah, tahun 2015, pemilik blog ini masih pemula dalam hal arduino. Jadi, tulisan ini sebatas pengenalan apa itu arduino dan apa saja yang mungkin bisa kita buat dengan alat ini. Bermula dari kiriman paket arduino uno yang baru saja sampai, mungkin tulisan ini lebih pada ungkapan bahagia dan sebagai awal mula penulis bereksplorasi dengan arduino. Jadi, jika pembaca masih pemula juga, mari kita belajar bersama. :)

paket belajar arduino untuk pemula
Kiriman arduino sebagian baru sampai, arduino, shield + mini project board, kabel usb, dan ultrasonik HC-SR04
Kalau ditanya, apa pengertian arduino? Arduino merupakan platform elektronika open source yang untuk membuat prototype aplikasi embed sistem yang terdiri dari hardware dan software. Sederhananya, arduino adalah mikrokontroller universal yang siap digunakan untuk membuat prototype. Programmer cukup dengan menggunakan hardware / device yang sudah ada, dan menggunakan software compiler / editor yang sudah dibuat.

Jadi, kalau ingin menggunakan arduino, selain harus menggunakan hardware yang berisi bootloader agar bisa langsung running dengan USB. Kita juga butuh editor yang khusus untuk arduino, kita bisa mendownloadnya di http://arduino.cc dengan gratis. Apakah kita bisa membuat atau merangkai sendiri hardware arduino? Ya. Sebenarnya kita bisa membuat atau merangkai sendiri hardware arduino, hanya saja kita harus menginstall firmware/bootloader terlebih dahulu agar arduino kita bisa jalan via USB. Tapi kalau tidak ingin repot-repot nginstall firmware, beli saja. :)

Jika Anda berminat untuk merangkai sendiri arduino, Anda bisa mendownload dan mempelajari skemanya di sini http://www.arduino.cc/en/uploads/Main/Arduino_Uno_Rev3-schematic.pdf. Dan bisa mendownload skematik dan desain PCB-nya di sini http://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardSerialSingleSided3.

Dengan arduino, kita bisa bikin apa?

Baik, salah satu buku yang saya lirik untuk belajar arduino berjudul "30 Arduino Project for the Evil Genius", kita bisa membuat beranekan project dari yang sederhanya hingga yang kompleks. Misal, kalau misal ketika membuat program kita akan diawali dengan program "Hello Word!", maka dalam mikrokontroller biasanya diawali dengan bermain dengan kedipan LED, hehe. Dalam buku tersebut, kita bisa membuat kode morse, lampu lalu lintas, password untuk membuka pintu, array LED, osiloskop, audio player, VU Meter, alat untuk mendeteksi kebohongan, remote infra red, dll.

Dan yang asik, kita juga bisa membuat alat penyiram otomatis, lampu senja berbasis internet, membuat simulasi radar, daaan masih banyak lainnya. Jadi, jika Anda penghobi elektronika, tak ada salahnya mulai mempelajari platform ini.


Written by Hari Santoso
Belajar Arduino untuk Pemula
Bahasan: Tulisan ini akan mengawali perjalanan untuk memahami arduino lebih dalam dan memanfaatkannya untu...
Published at Sabtu, 02 Mei 2015, Updated at Sabtu, 02 Mei 2015
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

2 komentar :

  1. gan saya ingin bertanya, kenapa aplikasi arduino ide di laptop saya tidak bekerja , selalu closed apllication saat loading configuration tanpa ada pemberitahuan
    os windows 10
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek penyebabnya pakai event viewer dulu mas.. setelah ketemu penyebabnya, coba posting lagi di sini.
      cara buka event viewer http://winpoin.com/apa-dan-bagaimana-cara-menggunakan-windows-event-viewer/

      Hapus