Rangkaian Sensor Suhu LM35 - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Rangkaian Sensor Suhu LM35

Tidak ada komentar
Anda yang suka atau sering bergelut dengan dunia mikrokontroler pasti tahu dengan komponen yang satu ini. Dan mungkin Anda sudah pernah menggunakannya untuk project-project Anda. Bagi yang sudah tahu, lewatkan saja. :)

Untuk yang baru belajar, mari kita sedikit mengulas dan bereksperimen dengan sensor suhu ini. Ini awal dari project yang belum dimulai-mulai, hihi. Sensor suhu LM35 merupakan sensor sederhana yang baru saja saya kenal. Bentuknya semacam transistor dengan tiga kaki dan masing-masing kaki  berfungsi sebagai input dan output. Berdasarkan gambar, dari kiri ke kanan, kaki-kaki tersebut berfungsi sebagai VCC - OUPUT - GND.

                

Sensor ini bisa mendeteksi suhu 0-100 derajat Celcius dengan karakteristik 10mV pada output mewakili 1 derajat Celcius. Jika tegangan ouput 300mV berarti suhu adalah 30 derajad Celcius, jika tegangan ouput 230mV berarti suhu 23 derajat Celcius.

Pada percobaan ini, saya siapkan Multitester digital, Sumber tegangan 5 Vdc, dan sensor suhu LM35. Penggunaan AVO digital di sini untuk lebih mempermudah pembacaan ouput voltase pada sensor. Untuk percobaan, ujung kaki kiri (+5vdc) dihubungkan dengan penjepit plus dengan kabel merah pada power supply, kaki tengah dihubungkan dengan pin plus dengan kabel merah pada AVO meter (ini sebagai output votase pada sensor), kemudian kaki kanan dihubungkan dengan ground, yaitu pin dan jepitan yang berwarna hitam pada AVO dan power supply. Hasilnya seperti gambar berikut:

AVO digital Skema Gambar Rangkaian Sensor Suhu LM35  AVO digital Skema Gambar Rangkaian Sensor Suhu LM35 1
 

Pada gambar diatas output dari sensor adalah 0.26V atau 260mV, artinya suhu adalah 26 derajat Celcius, mudah kan? :).


Written by Hari Santoso
Rangkaian Sensor Suhu LM35
Bahasan: Anda yang suka atau sering bergelut dengan dunia mikrokontroler pasti tahu dengan komponen yang sa...
Published at Rabu, 13 Februari 2013, Updated at Rabu, 13 Februari 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar