Perbedaan Interpreter dan Compiler Sebagai Bahasa Penerjemah - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Perbedaan Interpreter dan Compiler Sebagai Bahasa Penerjemah

6 komentar
Alur dari bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin yaitu [Bahasa Pemrograman] -> [Bahasa Penerjemah / Interpreter atau Compiler] -> [Bahasa Mesin / Bytecode].

Dalam dunia komputer, programmer mempunyai bahasa pemrograman yang berangam untuk membuat aplikasi. Dalam pembuatan aplikasi itu sendiri, bahasa pemrogramana mempunyai dua teknik untuk mengubah bahasa pegrograman (Bahasa Penerjemah) tertentu menjadi bahasa yang dimengerti oleh mesin, Interpreter dan Compiler. Kedua teknik tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi portabilitas, kemudahan eksekusi, penggunaan memori, size program, dll.

PHP, Perl, Shell Script, Batch Script, JSP, dan ASP adalah contoh dari interpreter. Kita bisa langsung menjalankan script code bahasa-bahasa tersebut tanpa perlu mengcompile menjadi file dengan extensi yang berbeda. Penerjemah bahasa-bahasa tersebut adalah interpreter yang juga khusus untuk bahasa-bahasa tertentu. Penerjemahan menjadi bahasa mesin yang dimengerti komputer dilakukan baris demi baris dan langsung dieksekusi secara realtime. Hal tersebut menyebabkan kita tetap bisa dengan mudah melihat dan mengedit script code bahasa tersebut.

Java, C, VB, Assembly, dan Delphi adalah bahasa pemrograman yang menggunakan compiler untuk menerjemahkan ke dalam bahasa mesin. Untuk bisa dijalankan, programmer harus meng-compile source code sehingga file yang awalnya berekstensi .java menjadi .jar, .c menjadi .exe, dan lain sebagainya. Jika kita mau mencoba membuka file .exe tersebut, pasti isinya kacau :P, sebab tulisan-tulisan tersebut merupakan opcode bahasa mesin yang dimengerti oleh processor (mesin).

Berikut beberapa perbedaan Interpreter dan Compiler:

  • Interpreter menerjemahkan script ke bahasa mesin dan langsung menjalankannya, sedangkan Compiler hanya sekali dalam menerjemahkan ke bahasa mesin (menjadi file bin/exe) dan bisa dieksekusi berkali-kali.
  • Jika ada perubahan script, bahasa yang menggunakan Interpreter bisa langsung mengeksekusinya, sedangkan bahasa yang menggunakan Compiler harus di-compile ulang untuk mengetahui perubahannya.
  • File untuk bahasa yang menggunakan Interpreter bisa terpisah-pisah, sedangkan bahasa yang menggunakan Compiler akan menjadi satu-kesatuan file bahasa mesin dalam bentuk .bin, .exe, .jar, .dll, dll.
  • Pada saat eksekusi, bahasa yang menggunakan Interpreter harus menggunakan kode sumber, sedangkan bahasa Compiler tidak memerlukan kode sumber.
  • Bahasa yang menggunakan Compiler membutuhkan linker untuk menggabungkan object code menjadi satu kesatuan, sedangkan Interpreter tidak.
  • Interpreter cocok untuk menguji modul-modul kecil, sedangkan Compiler harus repot-repot meng-compile program.
  • Bahasa yang menggunakan Compiler bisa dilakukan optimasi, misalkan ukuran file yang lebih kecil, penggunaan memori, penggunaannya dibuat lebih cepat, optimasi untuk digunakan di banyak processor. Sedangkan untuk Interpreter tidak bisa.


Written by Hari Santoso
Perbedaan Interpreter dan Compiler Sebagai Bahasa Penerjemah
Bahasan: Alur dari bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin yaitu [Bahasa Pemrograman] -> [Bahasa Penerjemah / Interpreter atau Compiler] -> [...
Published at Minggu, 23 September 2012, Updated at Minggu, 23 September 2012
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

6 komentar :

  1. hehe, baru diisi,, hihi..

    BalasHapus
  2. I was suggested this web site by way of my cousin. I am now not certain whether or not this publish is written through him as nobody else understand such detailed about my difficulty. You are amazing! Thanks!

    BalasHapus
  3. Untuk output contoh pertama di atas,
    "ElangSakti"-nya ini dimaksudkan untuk semacam watermark atau ada script tersembunyi yang mana bisa muncul sendiri out print ElangSakti Pak? hihi CMIIW
    :peace

    Salam,

    BalasHapus