Download XAMPP Terbaru, mysqld Rakus Memori & Solusinya - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Download XAMPP Terbaru, mysqld Rakus Memori & Solusinya

Tidak ada komentar
Beberapa hari terakhir, saya iseng untuk nyobain beberapa API social media untuk cross login dengan Open Authentication (oAuth), eh, ternyata ada yang tidak bisa karena versi PHP yang saya gunakan tidak tidak mendukung. Awalnya saya menggunakan PHP 5.3 pada XAMPP entah versi berapa, yang pasti versinya cukup jadul. Berniat untuk mengupdate PHP-nya saja, akan tetapi belum berhasil sebab banyak requirement yang kudu dikompilasi ulang. Daripada ribet-ribet, mending saya download XAMPP yang lebih baru saja.

"Kok pake XAMPP, nggak profesional banget?", mungkin beberapa orang akan bilang seperti itu. Sederhananya begini, saya hanya bikin script ecek-ecek dan yang makepun hanya saya sendiri sebab saya installnya di lokal komputer saya pribadi, so kayaknya ndak perlu muluk-muluk. Yang penting sistem jalan dan berfungsi dengan baik. Jika nanti memang mau di go public-kan, tinggal pindah ke sistem yang lebih mendukung dan itu pastinya bukan pake komputer lokal yang saya pake. So, XAMPP salah satu aplikasi yang sudah cukup untuk develop program, walaupun, sebenarnya yang terpenting adalah aplikasinya (dan bukan XAMPP-nya). Kita sudahi dulu ngelanturnya.

Versi yang terakhir saya download adalah XAMPP 5.6.3 dengan versi PHP 5.6.3 juga (download di sini =>> xampp-win32-5.6.3-0-VC11-installer.exe). Setelah diinstall, ada masalah yang bikin saya rada mikir, kenapa service mysqld konsumsi RAM-nya gede banget? Lebih gede daripada Firefox yang biasa rakus makan RAM. Saat saya caprure, dia makan sekitar 400MB, wow, banyak banget. Service mysqld merupakan service dari MySQL, artinya servis tersebut tidak bisa saya matikan karena saya butuh database MySQL untuk beberapa program yang saya buat.

Download XAMPP Terbaru, mysqld Rakus Memori & Solusinya windows task manager
Konsumsi memori mysql mencapai 436.108K

Bagaimana Mereduksi Konsumsi mysqld pada XAMPP 5.6.3?

Setelah googling, ternyata yang menyebabkan konsumsi RAM-nya besar yaitu karena untuk mendukung performance, entah performance apa, yang pasti MySQL menyebutnya sebagai performance schema. Kembali saya googling lagi, dan akhirnya menemukan cara bagaimana menonaktifkan performance schema tersebut. Kita hanya menambahkan baris "performance_schema = off" pada file my.ini, file my.ini standarnya ada di folder /xampp/mysql/bin/. Tambahkan baris tersebut di bawah konfigurasi [mysqld], untuk lebih jelasnya lihat gambar.

Download XAMPP Terbaru, mysqld Rakus Memori beserta Solusinya
Tambahan baris performance_schema = off


Setelah menambahkan baris di atas, restart mysqld. Alhasil, konsumsi RAM menurun drastis dari yang awalnya 400-an MB turun menjadi 24-an MB. Apakah ini MENCENGANGKAN? tidak, biasa saja :D. Yang pasti, dengan cara ini, RAM bisa dihemat untuk aplikasi-aplikasi lainnya yang lebih dibutuhkan daripada 'sekedar' MySQL di komputer offline :D. Berikut ini screen shot konsumsi RAM di task manager Windows.

Download XAMPP Terbaru, mysqld Rakus Memori dan Solusinya
Konsumsi RAM 'hanya' 24.580K


Oke, semoga penonaktifan performace schema tidak terlalu berpengaruh pada fungsionalitas MySQL lainnya. Have a nice day.


Written by Hari Santoso
Download XAMPP Terbaru, mysqld Rakus Memori & Solusinya
Bahasan: Beberapa hari terakhir, saya iseng untuk nyobain beberapa API social media untuk cross login denga...
Published at Sabtu, 28 Maret 2015, Updated at Sabtu, 28 Maret 2015
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar