Bongkar Cell Baterai Laptop Lenovo Thinkpad Rusak - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Bongkar Cell Baterai Laptop Lenovo Thinkpad Rusak

2 komentar
Mungkin ada yang ingin tahu cara service (servis) / memperbaiki baterai laptop yang sudah tidak bisa dicas/charge, atau kapasitas menampung listriknya mulai lemah. Kasusnya begini : saat ini laptop saya sudah tidak bisa lagi dicas, sehingga laptop harus terus-menerus dicolokin ke charger. Jika charger saya copot dari laptop, maka laptop thinkpad ini akan langsung 'pet!', mati. Sebetulnya sih kasus ini tidak hanya terjadi untuk laptop lenovo thinkpad, tapi untuk laptop lainnya sama aja.

Sedikit info, bahwa sebenarnya baterai laptop itu berisi cell baterai yang lebih kecil. Baterai untuk laptop umumnya bertipe 18650. Tipe ini menunjukkan panjang dan diameter baterai, panjang 18 mm dan lebar 65.0 mm. Baterai ini mempunya daya yang lebih besar dibandingkan dengan baterai AA dan AAA. Misal, untuk laptop saya ini, cell baterainya memiliki 6 cell baterai dan masing-masing kapasitasnya 2600va. Dengan kapasitas sebesar itu, tentu satu baterai bisa dibuat power bank untuk ponsel. :)

Dalam satu baterai laptop, umumnya memiliki 4 hingga 6 cell baterai yang disambung dengan kombinasi seri dan paralel. Jadi, jika salah satu baterai rusak, maka hal ini akan menghambat kinerja baterai lainnya. Umumnya, skema cell baterai tampak seperti gambar berikut :
skema cell baterai laptop notebook lenovo thinkpad
Skema penempatan cell baterai laptop pada umumnya
Untuk kasus saya ini, ternyata ada 2 cell baterai yang rusak, sedangkan 4 cell lainnya masih normal (lihat gambar di bawah). Kedua cell baterai yang rusak tersebut menghambat arus yang akan mengalir dari cell baterai yang masih normal.
gambar cell baterai laptop lenovo thinkpad yang sudah dibongkar
Cell baterai laptop lenovo thinkpad edge 13
Lalu bagaimana cara mengetahui (ngecek) cell baterainya sudah rusak atau belum? Pertama, otomatis kita harus membongkar dulu baterainya, setelah itu kita cek masing-masing cell baterai dengan avo meter untuk mengetahui mana cell yang rusak. Sedikit info, tegangan normal baterai 3.7 volt. Beberapa informasi di internet menyebutkan bahwa umumnya baterai dianggap penuh jika sudah mencapai tegangan 4.2 volt (dan itu merupakan batas maksimal voltase yang diperbolehkan, jika dicas terus-menerus tanpa pemutus akan membuat baterai rusak). Jika voltasi 3 volt ke bawah, maka akan dianggap lowbat oleh laptop.
cara cek memperbaiki cell baterai laptop lenovo thinkpad edge 13 rusak
Voltase baterai tidak sampai 3 volt
Gampang-gampangannya, jika tegangan baterai sudah di bawah 2 volt, maka baterai tersebut sudah rusak. Tapi entah, apakah baterai yang sudah dianggap rusak tersebut bisa diperbaiki apa tidak, saya kurang paham sebab saya tidak fokus untuk meneliti hal tersebut. :)

Baik, berikut ini adalah gambar cell baterai laptop yang saya bongkar. Cell baterai di dalamnya merk Sanya 18650 dengan kapasitas 2600va. Bagaimana saya mengetahui informasi tersebut? Pada body baterai terdapat beberapa informasi merk dan kode, entah itu kode apa. Tetapi ketika saya coba search di internet, yang muncul cell baterai sanyo dengan warna baterai yang sama. Saya cek juga di forum-forum, ternyata thinkpad yang saya pake ini memang menggunakan cell baterai sanyo tersebut.

So, kini baterai sudah dibongkar dan dipisahkan. Kini saya sedang menunggu datangnya 2 buah baterai (buah? kenapa buah? :P) baru yang sudah dipesan. Tapi entah, apakah analisa saya benar atau tidak, bisa jadi yang rusak bukan baterainya, tapi driver suply yang di bagian pcbnya (nah loo....). Semoga berikutnya bisa menulis lagi kelanjutannya. Have a nive day.

Video untuk ngecek baterai bisa dilihat di bawah ini:



Written by Hari Santoso
Bongkar Cell Baterai Laptop Lenovo Thinkpad Rusak
Bahasan: Mungkin ada yang ingin tahu cara service (servis) / memperbaiki baterai laptop yang sudah tidak bi...
Published at Selasa, 03 Maret 2015, Updated at Selasa, 03 Maret 2015
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

2 komentar :

  1. Salam kenal. Beli baterenya apa ada di toko spare part laptop? apa boleh beli cuma dua cell?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Nieko, tidak semua toko sparepart laptop jual mas. Kalau misal jual, pembeliannya biasanya bijian, jadi boleh beli hanya dua cell. Oiya, baterai jenis ini biasanya dipakai untuk senter mas, seperi senter police dll.

      Hapus