Mencari Informasi dari Website yang Sudah Mati - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Mencari Informasi dari Website yang Sudah Mati

Tidak ada komentar

Menemukan deadlink ketika melakukan pencarian di google kadang menyebalkan. Mungkin kita pernah mengalami, ketika mencari sesuatu di google dan kita coba buka websitenya, ternyata websitenya sudah expired atau webnya error, seperti contoh berikut:

contoh deadlink pada url website

Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa membaca atau mendapatkan informasi dari website tersebut? Ada dua cara yang biasa saya lakukan ketika menemukan deadlink atau deadwebsite.

Manfaatkan Google Cache (Temboloknya Google)

Pertama yang harus anda lakukan, balik ke link di pencarian google tadi. Dari link di google, kita bisa memanfaatkan chace yang dibuat oleh google. Cache itu dalam bahasa indonesia biasa disebut dengan tembolok, atau history website yang pernah disimpan oleh goole. Di google, dibawah judul website yang kita temukan akan ada tanda segitiga, ketika diklik akan muncul menu seperti tampak pada gambar, yaitu menu "Cached" dan "Similar". Klik saja yang cached. Jika beruntung, kita akan menemukan informasi dari website tersebut yang masih disimpan oleh google.

cara membuka cached di pencarian google

contoh penggunaan google cache untuk menemukan informasi

Menemukan Informasi Website di Archive.org

Archive.org merupakan website yang secara simultan (eh, simultan apa ya?), maksudnya, archive.org merupakan website yang secara periodik menelusuri website-website yang ada di internet kemudian menyimpannya. Sehingga, jika beruntung, website yang kita cari bisa jadi masih tersimpan di database archive.org. Misalkan kita akan mencari informasi yang ada pada iwebchk.com.

mencari informasi website dari archive org

Perhatikan, website iwebchk.com ditelusuri dan disimpan oleh archive.org sejak pertengahan tahun 2012. Dan selanjutkan kita bisa memilih ingin menampilkan informasi sesuai dengan tanggal yang dilingkari dalam kalender. Sesuai dengan gambar, berarti archive.org menyimpan website iwebchk.com pada pada tanggal 9 Januari dan 8-9 Februari 2014, sehingga setiap informasi pada masing-masing tanggal bisa jadi berbeda karena mungkin ada penambahan artikel atau penghapusan beberapa informasi oleh pemiliknya.

Ketika mengklik pada tanggal 8 Februari, maka tampilan website iwebchk.com tampak seperti berikut.

membukan website yang sudah mati di archive org

Semoga informasi ini bermanfaat, baik buat yang butuh atau yang belum butuh. Baik untuk pencari biasa atau yang sedang melakukan penelitian. :D


Written by Hari Santoso
Mencari Informasi dari Website yang Sudah Mati
Bahasan: Menemukan deadlink ketika melakukan pencarian di google kadang menyebalkan. Mungkin kita pernah m...
Published at Sabtu, 15 November 2014, Updated at Sabtu, 15 November 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar