PHP : Munculkan atau Sembunyikan Semua Error dan Notice - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

PHP : Munculkan atau Sembunyikan Semua Error dan Notice

Tidak ada komentar
Bagi pembelajar PHP, pengetahuan ini termasuk hal yang mendasar, sebab yang namanya programmer (dan khususnya developer PHP) tentu akan menemukan kesalahan ketika membuat program baik dalam segi penulisan (sintaks, salah koma, salah titik dua, dlsb) atau salah logika sehingga program kita ngabisin banyak memori.

Tidak masalah jika kita punya akses ke OS server, atau kita bisa mengubah konfigurasi yang ada di php.ini (studi kasus kita adalah Apache web Server), sehingga kita bisa ngatur apakah kita lagi develope atau production. Bedanya, ketika lagi develope, semua error boleh muncul (termasuk Notice), sebab kita bisa lebih tahu bagaimana membuat program PHP yang benar disamping juga kita akan dikasi petunjuk manakala script kita salah / error. Berbeda ketika sudah masa production, eror sekecil apapun harus disembunyikan sebab itu bisa menjadi informasi penting yang bisa digunakan sebagai bekal untuk menyerang. Sehingga, semua eror dan Notice harus disembunyikan, dan ngaturnya ada di php.ini.

Hal ini akan menjadi masalah jika tidak punya akses untuk mengatur php.ini, misal aplikasi kita numpang di server orang lain.

Solusi?

Gunakan fasilitas yang disediakan oleh Apache atau PHP untuk meng-overwrite konfigurasi yang ada di php.ini, misal dengan .htaccess atau dengan script PHP (fungsi ini_set() dan error_reporting()). Kali ini kita akan bahas yang pake PHP aja. Perhatikan script berikut :

<?php
error_reporting(E_ALL);
ini_set('display_errors', 1);
ini_set('display_startup_errors', 1);
ini_set('track_errors', 1);
?>


Script di atas berfungsi untuk menampilkan seluruh Error dan Notice. Kalo belum tahu apa itu notice, mungkin artikel ini ( Solusi Peringatan "Notice: Undefined offset: N" pada PHP ) bisa membantu. Script tersebut bisa disisipkan di file yang dipake (include) oleh semua file dalam aplikasi kita. Misal file yang berisi konfigurasi database.

Jika ingin menyembunyikan semua Error dan Notice, gunakan script seperti di bawah ini:

<?php
error_reporting(0);
ini_set('display_errors', 0);
ini_set('display_startup_errors', 0);
ini_set('track_errors', 0);
?>


Semoga bermanfaat dan Have a nice day. :D



Written by Hari Santoso
PHP : Munculkan atau Sembunyikan Semua Error dan Notice
Bahasan: Bagi pembelajar PHP, pengetahuan ini termasuk hal yang mendasar, sebab yang namanya programmer (dan khususnya developer PHP) tentu akan me...
Published at Sabtu, 08 Maret 2014, Updated at Sabtu, 08 Maret 2014
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar