Kepemimpinan : Ciri / Karakter Menjadi Pemimpin Luar Biasa - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Kepemimpinan : Ciri / Karakter Menjadi Pemimpin Luar Biasa

1 komentar
Ini bukan tentang pengertian pemimpin atau kepemimpinan, tapi kita bicara tentang ciri dan karakter pemimpin yang luar biasa. Berikut mari kita bahas satu-persatu.

1. Integritas
Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan. Integritas membuat Anda dapat dipercaya. Integritas membuat orang lain mengandalkan Anda. Integritas adalah penepatan janji-janji Anda. Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti anda adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa anda akan membawa mereka menuju ke tujuan yang Anda janjikan. Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang mempunyai integritas? Bila ya, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

2. Optimisme
Takkan ada orang yang mau mengikuti bila Anda memandang suram masa depan. Mereka hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik dan mereka dapat mencapai tempat itu. Apakah Anda melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, Anda adalah seorang pesimis.

Apakah Anda melihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, Anda adalah seorang optimis. Apakah Anda melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisi udara? Maka Anda adalah seorang yang super optimis. Apakah Anda dikenal sebagai seorang yang optimis? Bila ya, Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

3. Menyukai Perubahan
Pemimpin adalah mereka yang melihat adanya kebutuhan akan perubahan, bahkan mereka bersedia untuk memicu perubahan itu. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempat mereka sendiri. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannya dengan para pengikut mereka. Jika Anda tidak berubah, Anda takkan tumbuh. Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang memicu perubahan? Jika ya, Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

4. Berani Menghadapi Risiko
Kapan pun kita mencoba sesuatu yang baru, kita mengambil risiko. Keberanian untuk mengambil risiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting. Kebanyakan orang menghindari risiko. Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin menghitung risiko dan keuntungan yang ada di balik risiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik. Apakah Anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil risiko? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

5. Ulet
Kecenderungan dari pengikut adalah mereka menyerah saat sesuatunya menjadi sulit. Ketika mereka mencoba untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya dan gagal, mereka lalu mencanangkan motto, “Jika Anda gagal di langkah pertama, sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain.” Jelas saja mereka melakukan itu, karena mereka bukan pemimpin. Para pemimpin itu tahu apa yang ada di balik tembok batu, dan mereka akan selalu berusaha menggapainya. Lalu mereka mengajak orang lain untuk terus berusaha. Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang ulet, tangguh, dan berdaya tahan tinggi? Jika ya, Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

6. Katalistis
Seorang pemimpin adalah seseorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang lain untuk melangkah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zone kenyamanan dan bergerak menuju tujuan mereka. Mereka mampu membangkitkan gairah, antusiasme, dan tindakan dari para pengikut.
Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya, Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

7. Berdedikasi dan Komit
Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komit ketimbang diri mereka sendiri. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi karena mereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Apakah Anda dikenal sebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian Anda pada tujuan? Jika ya, Anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

(Chris Widener dalam bukunya yg berjudul: ” 7 Character Traits of Extraordinary Leaders”)
Source: http://www.mail-archive.com/kendal-online@yahoogroups.com/msg00564.html

Kalo boleh menambahkan,

8. Motivator
Pemimpin itu adalah motivator yang tak terasa. Dia adalah motivator untuk pengikutnya dan sekaligus menjadi motivator pada dirinya sendiri. Mempunyai inisiatif tanpa perlu ‘diperintah’ orang lain. Dia peka terhadap lingkungan, peka terhadap kondisi para pengikutnya, dan peka terhadap dimana posisi kelompok yang dia pimpin. Dia mampu mengubah kekurangan menjadi kelebihan, titik lemah menjadi kekuatan, dan tekanan menjadi peluang. Dia juga bisa membakar semangat para pengikutnya tanpa disadari oleh pengikutnya. Yeah, itu sedikit pendapat saya. CMIIW

Jadi, pemimpin itu bisa dipelajari. Hanya saja, lama atau tidaknya kita mempelajarinya tergantung pada kemauan dan sedikit bakat yang kita punya. Pengaruh bakat tidak akan terlalu penting jika kita mempunyai kemauan keras, kemauan batu, kemauan baja, atau kemauan intan. Sebenarnya kita adalah pemimpin untuk diri kita sendiri. Artinya, kita kita semua punya peluang untuk menjadi pemimpin bagi orang lain. Namun, terkadang kita tidak percaya diri bahwa kita punya potensi untuk menjadi pemimpin bagi orang lain.

Untuk memupuk potensi itu, mau tidak mau kita harus berinteraksi dengan orang lain, sesekali belajar menjadi pemimpin (ketua geng, ketua kelompok, ketua kelas, koordinator, dll). Ya, itu adalah sarana untuk mengembangkan keterampilan kita untuk menjadi pemimpin.

Kita semua bisa mengerjakan apa saja yang manusia bisa. Tergantung apakah kita memilih untuk mencobanya, atau mengintip ketakutan.


Written by Hari Santoso
Kepemimpinan : Ciri / Karakter Menjadi Pemimpin Luar Biasa
Bahasan: Ini bukan tentang pengertian pemimpin atau kepemimpinan, tapi kita bicara tentang ciri dan karakter pemimpin yang luar biasa. Berikut mari...
Published at Sabtu, 03 Agustus 2013, Updated at Sabtu, 03 Agustus 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

1 komentar :