Buat Apa Sih Gunanya / Pentingnya Logika dan Algoritma? - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Buat Apa Sih Gunanya / Pentingnya Logika dan Algoritma?

5 komentar
Saya pikir, tulisan ini sangat penting bagi siapa saja yang masih bingung tentang Logika dan Algoritma. Saya tidak ingin menggurui Anda. Namun saya ingi berbagi dengan Anda (pembaca) tentang apa yang saya pahami tentang Logika dan Algoritma. Semoga bisa memberi sedikit masukan, but seluruh apa yang saya sampaikan, tolong di CMIIW :D .

Logika dan Algoritma merupakan hal primer yang sangat penting dan sangat mendasar untuk diketahui dan dikuasai oleh Anda khususnya yang ingin benar-benar mendalami IT secara umum. Apalagi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia Programming (berbasis Web, Desktop, atau Mobile), Networking, dan lebih-lebih bagi Anda yang suka ‘hack1ng’. Ya, hal tersebut mutlak Anda butuhkan.

Secara sederhana, Logika dan Algoritma merupakan ilmu atau seni untuk menghayal. Saya yakin dengan pernyataan tersebut berdasarkan sedikit pengalaman yang saya alami selama ini. Apalagi berdasarkan kenyataan di sekitar saya (pengalaman teman atau baca pengalaman orang lain di internet) juga mengatakan bahwa Logika dan Algoritma sangat Anda butuhkan jika Anda benar-benar ingin menguasai ilmu-ilmu yang disajikan di IT.

Contoh, ketika Anda ingin membuat program, maka Anda harus bisa berhayal bagaimana bentuk program tersebut. Anda harus mengira-ngira tampilan apa saja yang akan dihadapi oleh pengguna dalam menggunakan program tersebut. Mungkin jumlah tombolnya, aksi untuk tombolnya, dan seterusnya. Anda harus bisa memperkirakan (menghayalkan) bagaimana jika user atau pengguna mengalami kesulitan, jika pengguna melakukan kesalahan untuk menginput data, dan perkiraan-perkiraan lainnya. Intinya, paling tidak Anda bisa memvisualisasikan program yang ingin Anda buat dari awal penggunaan program dijalankan hingga program tersebut ditutup.

Bisa saja Anda membuat program tanpa perencanaan sebelumnya. Saya berani memastikan bahwa selama proses coding(penulisan script) Anda tetap akan terganggu untuk menghayal bagaimana aplikasi Anda nantinya. Kemudian berbagai bugs dan berbagai kekeliruan akan Anda temukan karena sebelumnya tidak pernah Anda prediksi dan Anda khayalkan.

Logika dan Algoritma adalah ilmu atau seni untuk mengurutkan suatu pekerjaan seurut-urutnya. Dalam belajar Logikan dan Algoritma, Anda dituntut untuk menghayalkan atau mengerjakan suatu pekerjaan dengan mengurut secara detail pekerjaan-pekerjaan kecil yang sangat sederhana.

Misalkan untuk menghidupkan komputer. Jika secara garis besar, proses untuk menghudipkan komputer hanya sekedar menekan tombol power pada monitor dan menekan tombol power pada CPU (jika menggunakan PC). Namun, jika diurutkan dengan lebih rinci, secara sederhana mungkin sebagai berikut:

-pastikan listrik dari pln tidak padam
-jika padam, maka gagal ngidupin komputer
-pastikan semua kabel power(CPU dan Monitor) sudah tertancap dengan benar
-jika tidak, tancapkan dahulu dengan benar
-ulangi pencet tombol lagi
-jika sudah yakin tekan tombol power monitor
-jika sudah yakin tekan tombol power CPU
-jika tidak yakin, ya periksa lagi
-jika sudah ditekan keduanya, tapi tidak hidup
-periksa apakah kabelnya putus atau tidak
-periksa apakah pada slot/tancepan listik di blakang CPU atau Monitor sudah bener apa tidak
-jika komputer hidup tapi tidak menyala
-ulangi periksa lagi
-periksa kabel video (ke VGA Card) sudah bener apa tidak
-jika tetep tidak hidup, lihat ada bunyi bip apa tidak
-jika..
-jika..
-dan seterusnya[]

Nah, secara sederhana, maka untuk berpikir terstruktur untuk menyrukturkan dan mengurut suatu pekerjaan seurut-urutnya dan sedetail-detailnya, maka hal tersebutlah yang menjadi target pelajaran Logika dan Algoritma.

Bisa Anda perhatikan, untuk melakukan suatu pekerjaan, dibutuhkan beberapa situasi atau entah apa istilahnya. Cuma, kali ini saya akan istilahkan dengan situasi saja, CMIIW. Situasi yang saya maksud adalah situasi dalam melakukan pekerjaan, situasi pemilihan kondisi(jika, if), dan situasi perulangan(ulangi….).

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua lulusan S1 bisa mahir dan menguasai Logika dan Algoritma. Hal tersebut dibuktikan salah satunya yaitu banyak programmer Web yang masih kecolongan dengan adanya bug SQL Injection, XSS, dan Injection lainnya. Bug tersebut disebabkan karena kesalahan logika berpikir si Programmer (aduh, mungkin lebih halusnya karena ‘kekeliruan’ logika si Programmer, he sama aja!). Untuk yang bukan berbasis web, biasanya pada suatu aplikasi terkena bug OverFlow, maksudnya string buffer tidak diverifikasi sehingga menyebabkan aplikasi tersebut mengalami Crass (bisa ditandai dengan Not rsponding atau aplikasi tiba-tiba mati / terminated). Nah, hal tersebut jiga sangat potensial untuk dijadikan sebagai ‘jalan’ para attacker untuk mengeksploitasi sistem. :)

Kita semua perlu mengasah kemampuan ini, bermain Logika dan Algoritma. Pelajari pengkondisian (if, if-else, if-else-if), perulangan (for, while, etc), logika true-false(And, Or, Not, dan kombinasinya). Tenang saja, Logika dan Algoritma hanya Istilahnya saja yang Keren :P , namun sebenarnya setiap hari kita mempelajarinya (mungkin saja kita tidak sadar). Saya pastikan jika Anda sudah mahir dalam berlogika dan algoritma, membuat aplikasi apa saja, dengan bahasa apa saja, Anda tidak akan kesusahan. Sama halnya ketika Anda sudah paham tentang suatu benda, Anda bisa mengucapkan benda tersebut dengan bahasa Apa saja (jika Anda belajar bahasa benda tersebut).

Jika Anda sudah bisa Bermain Logika dan Algoritma, Anda akan dengan mudah mempelajari source orang lain dan mempelajari alur berpikir orang lain. Jika Anda sudah paham Logika dan Algoritma, ketika Anda diminta untuk menganalisa suatu script, walaupun Anda tidak tahu bahasa pemrograman script tersebut, maka Anda dengan mudah bisa mengetahui alur script tersebut berjalan. Hal ini sudah sering saya hadapi.

Menyesalikan suatu permasalahan yang sangat sulit dengan cara yang sangat sederhana dan terkesan unik adalah kemampuan individu yang sudah menguasai logika dan algoritma sesuai bidang tersebut. Jika Anda sudah demikian, Anda sudah bisa dikatakan sebagai (calon) hack3r dalam bidang Anda.


Written by Hari Santoso
Buat Apa Sih Gunanya / Pentingnya Logika dan Algoritma?
Bahasan: Saya pikir, tulisan ini sangat penting bagi siapa saja yang masih bingung tentang Logika dan Algoritma. Saya tidak ingin menggurui Anda. N...
Published at Sabtu, 03 Agustus 2013, Updated at Sabtu, 03 Agustus 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

5 komentar :

  1. Menyesalikan suatu permasalahan yang sangat sulit dengan cara yang sangat sederhana dan terkesan unik adalah kemampuan individu yang sudah menguasai logika dan algoritma sesuai bidang tersebut. Jika Anda sudah demikian, Anda sudah bisa dikatakan sebagai (calon) hack3r dalam bidang Anda.

    all hail mas hari

    BalasHapus
  2. Terima kaaih mas, insightful...

    BalasHapus
  3. Thanks mas Hari, tulisan yang menarik.. Logika itu sangat penting sekali dalam pemrograman. Menurut Anda apakah logika itu juga berperan dalam pemrograman web statis berbasis HTML?? Terimakasih untuk pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun tidak menggunakan sintak logika, tapi kemampuan berpikir logis sangat dibutuhkan ketika meletakkan node, warna, atau ukuran dari node dalam script html. Mungkin akan terasa jika kita membuat tabel dengan html, bermain dengan td, tr, colspan, dan rowspan... :)

      Hapus
  4. terima kasih mas atas penjabarannya, sangat membantu

    BalasHapus