Cara / Tips Menjadi Programmer Handal - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Cara / Tips Menjadi Programmer Handal

Tidak ada komentar
Bagi kita mahasiswa TI, predikat ‘programmer’ merupakan sesuatu yang tiba-tiba melekat pada diri kita karena di situlah kita bergelut setiap hari, ngoding dan membuat program. Mungkin predikat tersebut adalah predikat minimal yang ‘harus’ kita peroreh sebelum menyandang predikat-predikat yang lain. Misalnya ‘Admin’, ‘System Analyst’, ‘hacker’, ‘carder’ (yang ini janganlah!), dan seterusnya.

Ketika ditanya, “silakan angkat tangan, siapa yang ingin menjadi programmer handal?” Pasti pembaca akan dengan sangat cepat mengangkat tangan. Akan tetapi salah satu kelemahan kita adalah, gerakan kita untuk belajar dan memperbaiki kualitas programming kita tidaklah secepat ketika kita mengangkat tangan. Skill kita jarang kita upgrade hingga level yang lebih tinggi dan hanya berpatokan nilai-nilai dan angka-angka yang akan diberikan dosen. Oouff, OOT.

BTT (Back To Topic).

Untuk menjadi programmer yang handal, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Nah, kriteria-kriteria dalam artikel ini merupakan akumulasi dari pengalaman para programmer yang penulis kenal. ;D

0×01 Niat dan Kemauan Kuat

Yup, pertama niak kita harus benar dan kita harus punya kemauan kuat untuk belajar programming. Tidak hanya programming, semua hal yang ingin kita kuasai(tidak hanya bisa, tapi ahli) harus didasari dengan motifasi yang kuat. Passion, Ambition, and Enthusiasm!

0×02 Logika dan Algoritma

Anda wajib memahami dua istilah tersebut dan melekatkannya pada diri Anda. Logika dan Algoritma adalah pondasi awal untuk mnejadi programmer handal. Perlu diketahui bahwa yang menjadi masalah programmer adalah menyusun logika dan alur kejadian/tindakan aplikasi yang akan dibuat. Ketika sang programmer sudah mentok pada tahap ini, dia tidak akan menemukan solusi apa-apa walaupun dia hafal betul sintaks bahasa yang dipakai. Maka, perkuatlah logika dasar seperti OR, AND, dan NOT. Kemudian pahami algoritma (misal dengan Flowchart, diagram alir, atau Pseudocode), semisal FOR, WHILE, dan seterusnya.

Matematika? Matematika bukan merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi seorang programmer yang handal. Hanya saja, kemampuan tersebut sangat membantu jika Anda ingin mendalami programming yang lebih dalam, misalnya tp/ip, penghitungan class IP jaringan, neural network, fuzzy, kompresi, teknik enkripsi/dekripsi, pengolahan citra digital, dan yang lainnya. Minimal Anda bisa melakukan perhitungan biner dan hexadesimal itu mungkin sudah membantu, akan tetapi tetap saja kurang! :)

0×03 Kreatifitas

Ingat, sepandai apapun Anda, jika tidak dibubuhi dengan kreatifitas, Anda akan menjadi ‘sebuah mesin’ yang hanya berpatokan pada sumber-sumber yang Anda pelajari. Anda harus bisa ‘menghayal’, menghayalkan algoritma dan aplikasi yang akan Anda buat. Dengan kreatifitas yang baik, Anda akan bisa memecahkan masalah paling sulit dengan cara yang paling sederhana.

0×04 Bakat (optional)

Memang, bakat adalah sala satu yang menentukan cepat atau tidaknya kita bisa memahami persoalan. Akan tetapi, menjadi programmer itu membutuhkan latihan. Tidak serta merta ‘jedug’ langsung pinter dan handal, tapi butuh proses. Orang yang berbakat menjadi programmer sekalipun, jika tidak pernah mengasah logika dan mencobanya dengan menulis atau membaca source code, sudah pasti dengan pasti dia tidak akan bisa ngoding. Ingat, jika ingin jadi programmer handal, Baca Kode dan Tulis Code. Learning by Doing.

0×05 Berlatih Tiada Henti

Anda akan semakin mahir jika Anda sering berlatih. Programming itu adalah skill, harus latihan, tidak bisa ditawar-tawar. Dan skill itu akan semakin dikuasai dan semakin expert jika sering dilakukan. Seperti halnya skill untuk berenang, Anda tidak akan pandai berenang jika menyentuh air saja takut. Anda harus hidup bersama kode, ya source code. Jadikan ia sarapan atau makan malam Anda. Ingat, seperti yang sudah saya sebutkan, baca kode dan tulis kode!

Untuk pemilihan bahasa pemrograman, jika Anda masih pemula, maka tentukanlah sata bahasa pemrograman yang Anda sukai atau yang banyak diminati orang. Hal ini akan mempermudah Anda jikalau Anda butuh teman untuk berdiskusi dan bertanya, jika banyak orang di sekitar Anda, Anda akan cepat memahami bahasa yang Anda pelajari. Setelah merasa expert pada salah satu bahasa, pelajarilah bahasa yang lain. Ingat, jangan langsung mempelajari beberapa bahasa sekaligus karena hal itu akan membingungkan Anda. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintaks yang berbeda.

0×06 Berbagi

Berbagi merupakan hal wajib lainnya setelah kita memahami yang kita pelajari. Dalam agama saja sudah mewajibkan pada kita untuk memanfaatkan ilmu kita dengan cara apapun. Ilmu bermanfaat tatkala kita bisa mengamalkannya atau mengajarkannya. Kita butuh berbagi untuk menguatkan ingatan.

Nah, ketika Anda berbagi tentang apa yang Anda ketauhi, maka ilmu Anda anda akan semakin lekat pada ingatan Anda dan Allah akan menambahkan ilmu lain yang lebih tinggi lagi. Sederhananya, ketika Allah percaya pada Anda untuk menularkan ilmu yang Anda miliki, maka Allah akan kembali menitipkan ilmu baru pada Anda untuk disebarkan lagi.

Berbagi, tidak hanya saling memberi. Anda menuliskannya atau mendokumentasikannya pada sebuah blog, itu pun termasuk berbagi. Berbagi pada orang yang mengakses blog Anda. Jika ada kekeliruan, Anda bisa mendapatkan kritikan atau masukan yang lebih baik dari ‘karya’ Anda itu. Atau mendiskusikannya dalam forum, Anda akan lebih mempunyai referensi banyak tentang bagaimana membuat program atau berlogika yang baik dan lebih efisien. Ketika Anda sudah menjadi programmer, tidak akan ada lagi pertanyaan, “Anda bisa apa?” tapi “Mana efisien atau mana bagus (secara logika dan algoritma) program Anda dengan program si Anu?” Semuanya terus bergulir, sedikit saja Anda lengah, atau sebentar saja Anda berhenti, Anda akan ketinggalan jauh dengan kawan-kawan Anda.[]


Catatan penting :
Tak ada yang instan di dunia ini. Makan aja harus mengunyah dulu dan punya resiko tersedak, lidah kegigit, dll. Tidur aja punya resiko mimpi buruk, ketindihan, dll. So, gelar programmer tidak bisa didapat secara instan dan tidak bisa dibuat sendiri, butuh pengakuan dari orang lain. Yang terpenting adalah, fokus untuk selalu berlatih dan mencoba sehingga gelar tersebut tanpa terasa sudah kita sandang. :)


Written by Hari Santoso
Cara / Tips Menjadi Programmer Handal
Bahasan: Bagi kita mahasiswa TI, predikat ‘programmer’ merupakan sesuatu yang tiba-tiba melekat pada diri kita karena di situlah kita bergelut seti...
Published at Sabtu, 03 Agustus 2013, Updated at Sabtu, 03 Agustus 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar