Antara Sinyal, Gelombang, dan Getaran - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Antara Sinyal, Gelombang, dan Getaran

Tidak ada komentar
Sinyal, atau sering juga disebut dengan istilah gelombang atau getaran. Ketika istilah tersebut saling terkait dalam arti harfiah dan penggunaannya dalam sehari-hari. Gelombang adalah getaran yang merambat tanpa ada informasi yang berarti. Sedangkan Sinyal adalah getaran yang merambat disertai informasi yang sudah disepakati antara pengirim dan penerima.

Akan tetapi terlepas dari perbedaan tersebut, kita akan fokus pada getaran, gelombang, dan sinyal yang dibahas pada fisika. Sehingga ketiga istilah tersebut kita sama, terlapas mau atau tidak, tetap harus disamakan agar dalam pembahasan selanjutnya sinyal yang saya maksud sama dengan sinyal yang pembaca pahami. Selanjutnya, sinyal dan getaran akan disebut sebagai gelombang. Biar sependapat. :D

Dalam Kehidupan sehari-hari, kita tidak mungkin lepas dari gelombang. Gelombang cahaya, gelombang suara, gelombang / sinyal listrik, dan gelombang-gelombang lainnya. Gelombang adalah gerakan dari tinggi ke rendah dan sebaliknya secara kontinyu, atau gelombang bisa disamakan naik turunnya energi secara spontan dan dalam waktu tertentu.

Oleh sebab itu, dalam gelombang dikenal dengan frekuensi, amplitudo, tinggi dan lebar gelombang. Semua itu berhubungan dengan waktu. Nantinya, gelombang akan dibagi-bagi lagi sesuai kriterianya atau model implementasinya. Ada gelombang periodik, diskrit, transfersal, longitudinal, analog, elektromagnetik, dll sesui dengan kriteri pembagiannya.

Kali ini belum ada rumus, ini masih pembahasan pembuka tentang sinyal / gelombang. So, keep learn.


Written by Hari Santoso
Antara Sinyal, Gelombang, dan Getaran
Bahasan: Sinyal , atau sering juga disebut dengan istilah gelombang atau getaran . Ketika istilah tersebut saling terkait dalam arti harfiah dan pe...
Published at Rabu, 10 Juli 2013, Updated at Rabu, 10 Juli 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar