Pengertian, Fungsi, Prinsip, dan Cara Kerja Relay - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Pengertian, Fungsi, Prinsip, dan Cara Kerja Relay

113 komentar
Tahu kenapa sein motor dan mobil kita berbunyi 'tek tek tek'? Kok bisa ya ada pompa air otomatis? Itu semua adalah aplikasi dari relay. Sudah tahu apa itu relay? Bagaimana cara menggunakan relay?

Relay adalah komponen listrik yang bekerja berdasarkan prinsip induksi medan elektromagnetis. Jika sebuah penghantar dialiri oleh arus listrik, maka di sekitar penghantar  tersebut timbul medan magnet. Medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik tersebut selanjutnya diinduksikan ke logam ferromagnetis.

Logam ferromagnetis adalah logam yang mudah terinduksi medan elektromagnetis. Ketika ada induksi magnet dari lilitan yang membelit logam, logam tersebut menjadi "magnet buatan" yang sifatnya sementara. Cara ini kerap digunakan untuk membuat magnet non permanen. Sifat kemagnetan pada logam ferromagnetis akan tetap ada selama pada kumparan yang melilitinya teraliri arus listrik. Sebaliknya, sifat kemagnetannya akan hilang jika suplai arus listrik ke lilitan diputuskan.

Fungsi Relay - Prinsip Cara Kerja Relay - Pengertian Driving Relay
Rangkaian Dasar Relay
Berikut ini penjelasan dari gambar di atas:
  • Amarture, merupakan tuas logam yang bisa naik turun. Tuas akan turun jika tertarik oleh magnet ferromagnetik (elektromagnetik) dan akan kembali naik jika sifat kemagnetan ferromagnetik sudah hilang.
  • Spring, pegas (atau per) berfungsi sebagai penarik tuas. Ketika sifat kemagnetan ferromagnetik hilang, maka spring berfungsi untuk menarik tuas ke atas.
  • Shading Coil, ini untuk pengaman arus AC dari listrik PLN yang tersambung dari C (Contact).
  • NC Contact, NC singkatan dari Normally Close. Kontak yang secara default terhubung dengan kontak sumber (kontak inti, C) ketika posisi OFF.
  • NO Contact, NO singkatan dari Normally Open. Kontak yang akan terhubung dengan kontak sumber (kontak inti, C) kotika posisi ON.
  • Electromagnet, kabel lilitan yang membelit logam ferromagnetik. Berfungsi sebagai magnet buatan yang sifatya sementara. Menjadi logam magnet ketika lilitan dialiri arus listrik, dan menjadi logam biasa ketika arus listrik diputus.
  • Aplikasi Rangkaian Pemicu Relay, ini adalah rangkaian / alat yang akan memicu relay untuk menjadi ON ketika sesuai situasi / kondisi tertentu. Rangkaian pemicu ini biasanya memiliki sensor atau rangkaian timer (memanfaatkan 'time delay'). Rangkaian yang menggunakan sensor misalnya sensor suhu, sensor air, sensor cahaya, sensor arus, dll. Sedangkan rangkain timer misalnya timer pada mesin cuci, timer tv, dll.
Sebenarnya aplikasi relay banyak sekali. Dari mobil-mobilan, kulkas, lampu sein motor dan mobil, pompa air otomatis, hingga peralatan pada pesat terbang. Dari relay yang jenisnya kecil hingga yang mempunyai daya besar. Dari relai DC 5 volt, 12 volt hingga yang bervoltase tinggi. Keuntungan kita dalam menggunakan relay:
  1. Kita bisa membuat rangkaian otomatis penyambung/pemutus (switch) tegangan  AC dan DC
  2. Relay bisa digunakan pada switch tegangan tinggi
  3. Relay juga menjadi solusi pada switch dengan arus yang besar
  4. Bisa melakukan swith pada banyak kontak dalam waktu yang bersamaan
Jika mau bertanya atau berdiskusi, silakan isi komentar. Masukan dan sarannya juga sangat kami butuhkan.. :)

Contoh cara mengaktifkan relay 12 volt dengan inputan 3 volt atau yang lebih rendah... klik Video : Driving Relay - Mengaktifkan Relay 12v dengan 3v Input

Written by ElangSakti
Pengertian, Fungsi, Prinsip, dan Cara Kerja Relay
Bahasan: Tahu kenapa sein motor dan mobil kita berbunyi 'tek tek tek'? Kok bisa ya ada pompa air otomatis? Itu semua adalah aplikasi dari r...
Published at Jumat, 15 Maret 2013, Updated at Jumat, 15 Maret 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

113 komentar :

  1. pertanyaan saya:
    1.Bagaimana jika klakson/lampu tanpa relay..apakah keuntungan tanpa relay dan menggunakan relay...?
    2.Apa keuntungan jika Relay di double (artinya relay yang dipakai lebih dari satu untuk satu lampu) apakah lebih bagus...?

    BalasHapus
  2. :)
    1. klakson/lampu itu membutuhkan daya yang cukup besar (apalagi jika langsung ke aki), sehingga kadang timbul percikan api di sakelar lampu/klakson. Akibatnya sakelar jadi cepat rusak, meleleh, atau terbakar. Dengan adanya relay, kita hanya membutuhkan daya kecil pada sakelar sehingga tidak menimbulkan percik api, sebab daya yang besar untuk lampu/klakson akan disakelarkan oleh relay. Selain itu, daya yang besar/maksimal akan membuat bunyi klakson lebih nyaring dan lampu lebih terang.

    2. Pakai satu saja sudah cukup. Jika lebih dari satu, maka delai untuk menyalakan lampu akan bertambah. Misal untuk menghidupkan 1 relai butuh 0.1 detik, maka jika menggunakan 2 relai akan menjadi 0.2 detik. Selain itu, rangkain juga semakin rumit dan ya... bisa dikatan percuma juga. :) . Kalau dilihat dari fungsi relay yang seperti itu, pakai satu relay saja sudah cukup.

    begitulah penjelasan singkatnya, mas immanuel... apa ada yang kurang?

    BalasHapus
  3. Klo untuk alarm motor w/ remote fungsi relay buat apa ya bro?sb gw sering dengar klo untuk motor dg cc besar perlu ditambahkan relay tambahan tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa pengaruh nya kl alrm bawaan relay nya 10A 250 vac tp saya menggantinya dengan 7A 250vac???

      Hapus
  4. Betul bro, alarm itu kan butuh pemicu (seperti gambar skema di artikel), otomatis pemicu akan nyala terus-menerus. Pemicu biasanya dibuat seefisien mungkin dalam penggunaan listrik biar listrik pada aki tak cepat habis. Artinya pemicu hanya digunakan untuk mengaktifkan relay saja.

    Nah, tugas relay itu nyambungin aki langsung ke alarm. Alarm yang langsung nyambung ke aki akan mempunyai bunyi yang maksimal sebab listrik dari aki juga maksimal karena terhubung secara langsung tanpa melewati komponen2 elektronik lainnya.

    Begitu kira-kira mas Lazuardi.. btw terimakasih sudah mampir :)

    BalasHapus
  5. apakah bisa relay dipakai untuk membuat arus dari cdi motor lebih besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relay adalah saklar electronik. Itu saja.

      Hapus
  6. apakah bisa koil dipakai relay agar arus yang dihasilkan busi lebih besar

    BalasHapus
  7. mas tito, :) relay hanya berfungsi sebagai sakelar, tidak bisa menurunkan/menaikkan arus..

    BalasHapus
  8. berapa sih mas daya yang dibutuhkan untuk mengaktifkan relai (mengaktifkan kumparan elektromagnetik pada relai)

    BalasHapus
  9. eh nambah, apa gak ada mas relay yang elektronik (yang dibuat dari rangkaian elektronika)

    BalasHapus
  10. Tergantung relay yang kita beli. Yang saya inget, di badan relay akan tertera voltasenya, misal 3volt, 5volt, 12 volt, dll.
    Relay memang untuk rangkaian elektronik, :) , kayak di HT (handy talkie), mobil yang pake remote control (untuk belok kira atau kanan), dan banyak lagi.

    BalasHapus
  11. Saya mau tanya relay yg cocok buat mematikan lampu senja, jika lampu sen menyala kanan atau kiri maka lampu senja akan mati dua duanya (mati kanan kiri? Trs rangkaiannya bagaimana? Makasih

    BalasHapus
  12. Mas cara pemasangan relay jika kakinya terpasang terbalik bagaimana, apakah berpengaruh ke rangkaian?

    BalasHapus
  13. Salam Mas, kalau buat menstabilkan arus listrik rumah agar tetap 220 - 240 volt gimana Mas? soale rumahku 1300 watt tapi ga bisa menjalankan kompresor AC..dan kalaupun kompresor nyala, maka ga lama turun listriknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo voltasenya naik turun bisa pake stavolt..

      Hapus
    2. Itu kompresornya yang bermasalah mas, saya kiria daya 1300 watt cukup buat nyalain kompresor ac.

      Hapus
  14. Mcm mana ya prinsip kerjanya..boleh admin terangkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasan gambarnya apa belum jelas bang?

      Hapus
  15. selamat malem gan ...
    ane mau tanya , kalo relay 12volt di jadiin 5volt bisa apa enggak gan ?? soalnya ane nyari relay 5 volt susah di pasaran , adanya 12 volt mulu ;)
    makasih gan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk mengaktifkan relay 12volt dg 5volt bisa pake penguat mas, misal pake TIP112

      Hapus
  16. apakah pengertian dan cara kerja "Time Delay Relay" sama dengan "Relay" ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mas, relay itu alat. Tapi kalo time delay relay itu istilah lain dari timer. Contoh time delay relay adalah rangkaian flip-flop, di situ tidak ada relay. Tapi fungsinya seakan-akan ada relay yang hidup-mati bergantian berdasarkan wakti (time) jeda. Contoh lain adalah timer untuk mematikan televisi otomatis, alarm, dll yang berhubungan dengan pewaktu.

      Hapus
  17. mas, saya lagi bikin alat dimana output dari gpio alat saya itu 3,3volt. sedangakan alat yang akan di kontrol oleh alat tersebut mengguanakan aki yang voltage nya 12 volt.. bisa bantu saya untuk rangkaian relay nya gak mas.. thank you mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ngontrol alat itu setrumnya dari apa mas? kalo misal pake power supply 12v atau 5v, masih bisa pake bantuan transistor NPN 2N2222 untuk memicu relay 12v atau 5v sesuai power supply. Tapi kalo misal dari baterai, brarti harus pake penaik tegangan dulu mas.

      Hapus
    2. sebenarnya transistor 2N2222 itu pilihan saja, yang penting pake resistor NPN..

      Hapus
  18. min, kurang ngerti nih cara memasang rangkaian relay.
    kalau pakai baterai 9 Volt di DC dan pakai listrik PLN 220 Volt di AC,
    Relay yang dipake spesifikasinya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih relay 9 volt, kalo misal di bawah 9 volt, tambahkan resistor..

      Hapus
  19. mau nanya dong om, terima kasih sebelumnya
    1. apa benar suara "tik-tik" dari sein mobil atau motor itu dari relay ?
    2. kalau benar, perlu ganti relay model apa yg tidak mengeluarkan bunyi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. setau saya begitu
      2. bisa pake relay transistor, seperti flip-flop. Hanya saja, kalau tidak ada bunyi, "sein saya sudah nyala ndak ya?". Dengan adanya bunyi, kita tahu bahwa sein sedang nyala tanpa melihat panel.

      Hapus
    2. Setau saya kalau relay buat ngejumper biar beban bisa langsung terhubung sama sumber listrik, tapi kalo yg buat sein itu namanya flasher fungsinya memutus dan menyambingkan arus secara berkala... cmiiw

      Hapus
  20. salam kenal gan,, aQ lagi blajar bkin pengendali lampu dgn mnggunakan laptop yang melibatkan rangkaian driver relay,, agan bisa kasi gambaran gak rangkaian driver relay tu kayak gemana n alat" yang di butuhkan tu apa saja..?? thanks..,, mohon di bantu

    BalasHapus
  21. kang saya mau bikin bel rumah dengan sensor PIR dan relay bisa gak ya,,,, tutorialnya dong ??

    BalasHapus
  22. Gambarnya salah, harusnya lampunya mati, tidak hidup...salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, yang di gambar itu hanya untuk menunjukkan bahwa gambar bulet merah adalah bohlam.

      Hapus
  23. mas bahan ap aj yang di butuhkan kalo mau buat relay sendiri ?

    BalasHapus
  24. mas kalo relay dicopot dapat berdampak buruk gak pada kelistrikan motor

    BalasHapus
  25. mas kalo relay assy pada motor tidak dipasang dampaknya seperti apa?

    BalasHapus
  26. Bang, perbedaan relay arus dan relay tegangan apa ya? Terus prinsip kerja dan fungsi keduanya gmna? Terima kasih

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Mlm gan. Permisi nih. Ane mo ikutan tanya.
    Kebetulan ane ada masalah sama kabel yg slalu panas dan melelehkan sikring.
    Ane pasang froglamp dgn daya 100 watt melibihi daya stndar pabrik dgn 1 relay kaki 4. Lalu kabel ke sakelar di join ke kabel saklar tail. Al hasil kabel ke sikring tail panas dan leleh tpi sikring gak putus.??? Mohon pencerahan ya gan. Terima kasih
    Nb. Bisa gak pake 1 relay kaki 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw relaynya pake yg berapa ampere gan? penggunaan relay dengan ampere kecil akan bikin relay panas..

      Hapus
  29. Assalamualaikum.
    Saya ingin bertanya, gimana caranya menaikkan tegangan relay dari 3 volt menjadi 6 volt, dan menurunkan tegangan relay 6 volt menjadi 3 volt. Mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari 3 ke 6, harus pake inverter mas,, tapi kalo dari 6 ke 3 yg sederhana bisa pake rangkaian pembagi tegangan

      Hapus
  30. jika relay diberikan arus terus menerus secara 24 jam non stop utk menjaga kondisi on apakah akan merusak relay tsb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah mas, selama tegangan dan arus yg diberikan sesuai... :)

      Hapus
  31. Mas saya ingin membuat rangkaian lampu rumah otomatis menggunakan relay 5 kaki yy 9 volt.yg jadi pertanyaan kaki' relay yg no dan nc apa langsung dihubungkan ke tegangan ac atau kemana.dan 3 kaki lain nya kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relay standar biasanya punya 5 kaki, 2 kaki untuk sumber tegangan (misal 9 volt). Lalu, 1 kaki untuk tegangan AC, dan 2 kaki untuk mengendalikan lampu (keluaran).

      Kaki untuk sumber tegangan biasanya ditandai dengan + dan -
      Kaki untuk AC biasanya biasanya yg tengah, kalau di gambar, ada tulisac C (contact)

      Kalau melihat gambar di atas, "salah satu" kabel listrik dari PLN disambung pada kaki C, lalu keluarannya bisa bisa di NC atau NO, sesuai kebutuhan.

      Jangan pernah menghubungkan kaki relay dengan kedua kabel dari PLN, karena akan membuat meteran trip / anjlok. Jadi salah satu kabel harus melewati lampu terlebih dahulu.

      Hapus
    2. kang mau nanya,
      yang di sambung ke pin c di relai, kabel + atau - yang dari PLN ya?
      terima kasih

      Hapus
  32. MAS MAU NANYA KENAPA KETIKA MOTOR JET-PUMP YANG MEMAKAI TEGANGAN AC HARUS MEMAKAI TAMBAHAN RELAY/DRIVER RELAY KETIKA INGIN MENGAKTIFKAN MOTOR TERSEBUT MENGGUNAKAN ARDUINO YANG NOTABEN NYA ARDUINO MEMAKAI TEGANGAN DC ??? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tegangan AC-nya kan tegangannya tinggi mas, kalo misal ndak pake relay, bisa merusak arduinonya.

      Hapus
  33. Bang admin,mau nanya klo relay coil 24v di inputin 12v ada pengaruh gk pd kerja relay?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas bisa gak relay dipake buat matiin lampu sen otomatis, misalnya setelah 5 menit lampu sen dinyalahin, akan mati dengan otomatis...

      Hapus
    2. tidak ada selama teanga kerja masih dalam rangenya

      Hapus
    3. tidak aplikatif jika menurut saya, sein biasa digunakan saat dibutuhkan.

      Hapus
  34. Mas mau nnanya,gi mana cara nya supaya mahir elektro?
    Makasih. Mohon penjelasan x mas

    BalasHapus
  35. Permisi mas mau tanya, saya diberikan tugas untuk membuat saklar otomatis untuk pompa air.. relay jenis apa yang harus saya gunakan mas?? kan jenis2 relay kan ada banyak., ada yg 3kaki,5 kaki, dll.. yang bagusnya pakai yang mana mas??

    BalasHapus
  36. Siang bang, ane mau nanya apa kegunaan relay pd mainan mobil2n, soalnya mainan anak saya ga kuat muter dinamo ban, dan dari relay keluar bunyi, tipe relaynya AFE BRU-SS-105L 10A 250VAC 20A 14VDC..

    BalasHapus
  37. Siang bang, ane mau nanya apa kegunaan relay pd mainan mobil2n, soalnya mainan anak saya ga kuat muter dinamo ban, dan dari relay keluar bunyi, tipe relaynya AFE BRU-SS-105L 10A 250VAC 20A 14VDC..

    BalasHapus
  38. Apakah relay bisa digunakan untuk sumber DC seperti baterai? soalnya saya lihat dari berbagai sumber, relay biasa dihubungkan ke sumber AC. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, relay ada yang DC dan AC. Biasanya di badan relaynya ada tulisan DC atau AC. Kalau relay yang kecil-kecil umumnya pake DC.

      Hapus
    2. numpang tanya gan.. jika arus yang di pakai 220 vac rilay jenis apa yg harus di pakai

      Hapus
  39. kalo boleh tau sumber atau buku tulisan diatas ada gak ? bermanfaat untuk penyusunan tugas akhir hehe, makasih

    BalasHapus
  40. kalo boleh tau, sumber atau buku diatas apa ya ? sekalian penulis dan halamannya. bermanfaat untuk penyusunan TA hehe, makasih

    BalasHapus
  41. ijin gan ane mau tanya, kalau misalnya kita pakai satu relay tapi untuk untuk mengontrol lampu lebih dari satu, jenis relay apakah yang dipakai? terimakasih gan

    BalasHapus
  42. mau tanya pak bagaimana buat relay u/ switching otomatis ac ke dc dan sebaliknya untuk rangkaian ups,,trims

    BalasHapus
  43. Mau tanya pak klo output relay kan ada 3 tp yang saya lihat d intrnet hanya mengunakan dua,nah yang sabtunya lagi untuk apa ?

    BalasHapus
  44. Nice info neomu neomu kamsahamnida :)

    BalasHapus
  45. mau tnya mas defini relay itu apa?? dan cara kerjanya gimna??kasih gambar rangkaian jga ya mas biar jelas :)

    BalasHapus
  46. Mau nanya gan kl relay input nya 5v dc,trus out put nya untuk memutus dan menyambung kan arus dari aki 12 v bisa gak kira?

    BalasHapus
  47. Mau tanya gan
    Kalo relay 12v dialiri arus 24v gimana yaa

    BalasHapus
  48. Mau tanya gan,
    kalo relay 12v dikasih tegangan 24v gimana yaa???

    BalasHapus
  49. Mau tanya gan,
    kalo relay 12v dikasih tegangan 24v gimana yaa???

    BalasHapus
  50. saya ada relay yg berfungsi seperti fuse, masalahnya ketika seharusnya NO, armature tetap menempel pada NC(tidak ada spring utk menarik kembali), kira2 apa masalahnya ya? apakah masih ada medan magnet tersimpan di lilitan?

    BalasHapus
  51. Misi gan mo tanya relay 220v di kasih tegangan 18 jam lebih ada pengaruh ga pd coil, sebab coil 220v br sy kasih tegangan 10 menit sudah panas body coil nya,, makasi gan sblm nya

    BalasHapus
  52. Om kl memang relay tdk bs menaikkan arus misal 12volt 1a mjd 12volt 10a.misal seperti lampu mobil yg standar pabrik 30watt/50watt tidak bs hidup ketika diganti 100watt,tp knp begitu dipasang relay bs hidup?jika relay tdk bs menaikkan arus meskinya ga kuat hidup lampunya.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arus itu dhitung dr voltase dibagi hambatan, nah kalo kita lewat saklar biasa, kan melalui komponen elektronik yg banyak otomatis hambatannya banyak, jadi arus yg lewat kecil, tp kalo kita pakai relay, kan lgsung dpt arus dr sumber tuh, jadi hambatannya gk terlalu besar alias arusnya gede. Biar lebih jelas cari tahu hukim ohm kalo gk salah 😊

      Hapus
  53. Relay ada klasifikasi nya ga? Kan ga semua daya setara

    BalasHapus
  54. Relay ada klasifikasi nya ga? Kan ga semua daya setara

    Boom sakalakala boom boom

    BalasHapus
  55. Min, mau nanya, kalau relay dikasih pemicu tegangan Ac dr spul bisa gk ya min ?

    BalasHapus
  56. Gan,mau nanya,kalau 200watt butuh relay berapa volt,trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  57. Min,untuk alat listrik 200 watt butuh relay brp volt?,trima ksh sebelumnya

    BalasHapus
  58. Gan mau nanya kalo pasang power mobil dirumah pake riley gitu sbagai suplaynya bisa ga dan gmna caranya mohon penyjlasannya

    BalasHapus
  59. Gan mau nanya kalo pasang power mobil dirumah pake riley gitu sbagai suplaynya bisa ga dan gmna caranya mohon penyjlasannya

    BalasHapus
  60. Mas hari mau tanya kalau 250 vac dalam tulisan di relay itu maksudnya apa mas hehe

    BalasHapus
  61. Malam mas, mau tanya masalah relay ni

    Saya pakai sepeda motor dengan kelistrikan uda di full wave

    Tapi ada masalah swdikit yang timbul, yang kadangkala kalau di kasih lampu led kadangkala langsung putus setelah pemakaian beberapa jam

    Pertanyaan nya
    Apa bisa relay di gunakan atau di tempatkan di dekat aki .yang tujuan nya sebelum arus listrik di distribusikan ke panel2 kelistrikan
    Harus lewat relay dulu

    Tujuan utama ingin mendapatkan arus yang stable

    Thx ,saya tunggu jawaban nya ��

    BalasHapus
  62. Saya punya relay 4 kaki...

    Tapi beda volt...ada yg 12 volt 30 ampere...dan ad juga 24 volt 30 ampere...kira gmna perbedaan pmkaian yg 12v dan 24 volt tapi sma2 30 A.....????

    BalasHapus
  63. Min mau nanya,jika relaynya 5 volt dikasih tegangan 6 volt bisa kerja gak,apa harus 5 volt?

    BalasHapus
  64. Mau nanya dong, kalo misalkan input 5v terus masuk ke relay jadi 12v. Berarti relay sama kaya penguat tegangan dong? Bedanya sama op-amp apa yah?

    BalasHapus
  65. Saya mau tau tentang koordinasi sistem pengamanan

    BalasHapus
  66. Permisi min saya mau tanya
    1. Apakah relay bisa tehubung dengan gps atau modul gsm?

    BalasHapus
  67. Numpang tanya bisa Relay pemanas l300 tahun tinggi
    untuk lampu jauh

    BalasHapus
  68. Numpang tanya kl alrm motor relay nya 10A 250VAC saya ganti 7A 250vac apa pengaruh nya ya min

    BalasHapus
  69. Mas, saya ada led topi 12v, 0,8w yang akan menyala konstan jika dialiri arus, sudah saya pasang tahanan 1k , nah jika saya ingin led itu berkedip 3 atau 4 detik sekali, apa yang harus saya tambah? terima kasih

    BalasHapus
  70. Mas mau nanya.. Apkah relay 5v bisa di jalankan di tegangan 4,2v ? Mohon untuk di jawab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai spesifikasi. Normalnya relay ON saat mendapat tegangan 5v atau yang mendekati. Kalau 4,2v terlalu jauh.

      Hapus
  71. Assalamu'alaikum om..
    Kalo relay IEC255 pake arus sumber ac spulnya putus/kobong ndak yo..

    BalasHapus
  72. Mas mau nanya.. Saya kan menyambungkan relay dari power supply 12VDC 10A.. Sedangnkan spesifikasi relay nya max 30VDC 10A, apakah arus nya ini dapat merusak relay karena terlalu ngepas? Soalnya relay saya sudah 2-3x ganti dan setelah berjalan berapa lama kemudian mati.. Thankyou mas sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi, meski secara spesifikasi ada selisih (120W dan 300W). Tapi untuk memastikannya bisa pegang body relay saat aktif, kalau panas berarti memang harus upgrade relay atau replace dengan relay yang lebih bagus.

      Hapus
  73. mas, kalo relay 12vdc dikasih masukan untuk mengaktifkannya pakai arus ac yang maksimal arusnya sampai 13v-14v aan gak yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih aman konversi ke DC pakai diode.

      Hapus
  74. Mas mau tanya receiver pada mobil mainan dengan relay 6 volt bisa di ganti dengan relay 12 volt ga?

    BalasHapus
  75. Gan, bagi ilmunya sedikit saja.
    relay 220vac 10a mampu menyuplai listrik 900watt tidak ya Gan?

    BalasHapus
  76. Permisi bang, kalo relay 5v dihubungkan ke baterai 9v, relaynya bisa berfungsi gak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bang, jika tidak kuat relay-nya bisa kebakar dan rusak.

      Jika terpaksa pakai 9v, maka harus diseri dengan resistor dengan resistansi rendah (misal antara 10-100 ohm) dengan watt yg cukup agar tidak kebakar. Jika perlu tambahkan dioda zener 5v1 diparalel dengan relay.

      Hapus