Membuat Aplikasi Java versi Command Line - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Membuat Aplikasi Java versi Command Line

Tidak ada komentar
Ini merupakan artikel yang dulu pernah saya posting di blog lama. Kini saya export di sini dengan nuansa yang sedikit berbeda. Semoga tulisan ini berguna untuk pembelajar java di manapun Anda berada. :). Kali ini kami akan menunjukkan salah satu fungsi dari variable java yang bernama args[]. Ingat di mana posisi args[]? public static void main(String args[]).

Sebenernya variabel tersebut tidak harus kita tulis dengan args[] saja, tapi bisa diganti-ganti nama variabelnya. Bisa saja dengan [] args atau string lain yang kita suka :). Coba pikir dengan sederhana, (String args[]), artinya, args[] adalah variabel array String, sama dengan void abc(String a[]). Akan tetapi perbedaannya adalah pada main, (public void main(String args[])) yang artinya void tersebut adalah method utama dalam kelas java.

Pada awalnya saya berpikiran bahwa kata args[] itu bisa diganti dengan string apa saja, dan ternyata benar! Hanya saja, sepertinya dia hanya bisa digunakan untuk variabel String, bukan angka, bukan boolean. Kenapa? Karena variabel tersebut yang akan menjadi parameter input, misalnya ketika aplikasi tersebut dijalankan dengan command line. Jika memang mau dijadikan selain String, berarti string yang diperoleh harus dikonversi sesuai dengan tipe data yang diinginkan.

(String args[]) atau (String apaaja[]) berguna untuk mengambil String yang kita inputkan dari luar file atau dari luar kode. Contohnya sebagai berikut:
class cmd01{
  public static void main (String  kuda[]){
 String a = kuda[0];
 System.out.println("Assalamualaikum "+a);
  }
}



Berikut ini adalah contoh ketika kita membutuhkan tipe data yang bukan string. Jadi harus kita konversi dulu dengan menggunakan fungsi yang sesuai. Misal, jika ingin mengkonversi dari tipe data String menjadi Integer, maka kita bisa menggunakan fungsi Integer.parseInt(string). Seperti contoh di bawah ini, hasil dua bilangan input akan menjadi parameter untuk melakukan sebuah perulangan:
class cmd02{
  public static void main (String  x86[]){
 int a = Integer.parseInt(x86[0]);
 int b = Integer.parseInt(x86[1]);
 System.out.println("Angka awal : "+a+"\nAngka akhir : "+b);
 for(int x=a; x<=b; x++){
   System.out.print(x+" ");
 }
  }
}}

Membuat Aplikasi Java versi Command Line

Perlu diingat untuk pemula dan yang masih belajar, variabel yang diikuti kurung siku "[]" akan dikenali sebagai array. Sehingga pada contoh script yang kedua saya beri masukan x86[0] dan x86[1]. Dari masukan yang awalnya berupa String, kemudian saya konversi menjadi angka yang dimasukan ke variabel a dan b. Setelah itu, baru angka-angka tersebut bisa dioprasikan. :D

Apa muncul ide baru setelah tahu trik ini?


Written by Hari Santoso
Membuat Aplikasi Java versi Command Line
Bahasan: Ini merupakan artikel yang dulu pernah saya posting di blog lama. Kini saya export di sini dengan ...
Published at Rabu, 06 Maret 2013, Updated at Rabu, 06 Maret 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar