Mekanisme dan Cara Kerja Iron Dome-nya Israel, Ayo Bikin! - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Mekanisme dan Cara Kerja Iron Dome-nya Israel, Ayo Bikin!

2 komentar
Pernah berpikir bahwa algoritma bisa digunakan untuk menembak roket dan melindungi negara? Sudah tahu Iron Dome? Mari kita tengok apaitu Iron Dome dan bagaimana cara kerjanya sehingga membuat Israel bisa menangkis serangan rudal Hamas.

Iron dome merupakan defense system yang dibangun oleh Israel bekerja sama dengan Amerika Serikat. Iron Dome memiliki tiga komponen: instalasi radar dan pendeteksi, battle management and weapons control (BMC), dan unit peluncuran misil. Sistem radar mendeteksi misil atau artileri musuh ketika diluncurkan. Sementara BMC bisa disebut sebagai otak dari sistem. Ia mengkalkulasi lintasan dan perkiraan jatuhnya roket. BMC mampu melacak, menembak beberapa target secara bersamaan.


Jika sebuah roket masuk ke daerah berisiko rendah, seperti bidang kosong, Iron Dome akan membiarkannya. Tetapi jika roket berada pada jalur untuk target sensitif, seperti area penduduk, Iron Dome akan meluncurkan misil Tamir yang bisa mengintersepsi dan menghancurkan roket tersebut.[2]

Iron Dome dioperasikan dengan sejumlah komponen kunci, termasuk sistem radar yang dapat mendeteksi rudal balistik dan roket. Informasi yang diperoleh radar memungkinkan alat ini bisa melacak letak roket atau rudal yang mengancam. Dengan cepat, alat ini bisa menentukan sasaran dan menganalisa ancaman. Sebuah peluncur yang berisi 20 rudal penghalau bisa bekerja secara mandiri.

Menurut kepala proyek yang mengembangkan sistem ini, Fitur kunci dari sistem Iron Dome adalah komando dan pusat kontrol, yang menyinkronkan informasi dari sistem radar. Kemudian, alat ini menentukan target mana yang akan dihalau. Alat ini bekerja dengan algoritma kompleks, dengan daya dukung dan kapasitas yang mengagumkan.

Selain bisa mendeteksi segala bentuk ancaman rudal, Iron Dome bisa mengukur lintasan peluru, kapan, dan bagaimana identifikasi ancaman akan menyerang wilayah yang dilindungi. Rencana intersepsi dibangun berdasarkan jenis ancaman.

Namun, sistem pencegah ini perlu diluncurkan pada waktu yang tepat. Supaya tepat sasaran dan bisa menghancurkan target pada tempat yang tepat pula. Program pada sistem pertahanan ini mampu mengukur dan bertindak sesuai dengan tingkat ancaman, perubahan data pada program interseptor, dan bagaimana mengenai sasaran.

Sistem Iron Dome bekerja dengan tingkat akurasi tinggi dari jarak jauh. Artinya, wilayah yang berada dalam jangkauan rudal penghalau ini akan aman dari serangan rudal dan roket musuh. Sistem Iron Dome ini mampu menghalau roket yang diluncurkan dari jarak lebih dari 70 kilometer, lebih jauh dari yang diperkirakan. Sistem ini mampu menghantam roket yang mengancam dengan jarak 15 sampai 20 kilometer dari peluncur.[1]

Referensi:
1. http://echonov.blogspot.com/2012/11/lawan-palestina-iron-dome-israel-tak.html
2. http://chip.co.id/news/technology/3999/bagaimana_cara_kerja_iron_dome
3. http://www.youtube.com/watch?v=IMBSWGYlnF0


Written by Hari Santoso
Mekanisme dan Cara Kerja Iron Dome-nya Israel, Ayo Bikin!
Bahasan: Pernah berpikir bahwa algoritma bisa digunakan untuk menembak roket dan melindungi negara? Sudah t...
Published at Jumat, 15 Maret 2013, Updated at Jumat, 15 Maret 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

2 komentar :

  1. udah di tembus sama hamas iron dome nyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap teknologi memang ada masanya bu.. :)

      Hapus