Bacaan Wajib Programmer : Mengenal Data JSON Lebih Dekat - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Bacaan Wajib Programmer : Mengenal Data JSON Lebih Dekat

4 komentar
Note: Pengetahuan dasar ini akan berguna ketika membuat aplikasi berbasis mobile seperti Android sebab data yang dikirimkan berformat JSON.

Menurut pembuatnya, http://www.json.org/, JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 - Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.

Menurut hemat saya, JSON layaknya seperti database dalam bentuk string. Data tersebut bisa kita kirim lintas aplikasi, lintas platform, dan lintas jaringan sebab JSON memang merupakan format pertukaran data yang fleksibel. Seperti halnya data yang kita ambil dari database, JSON bisa merupakan single data yang hanya terdiri dari key dan value (disebut JSON Object) atau kumpulan dari key dan value (kumpulan JSON Object disebut JSON Array). Pada JSON, terdapat key dan value yang bertindak layaknya baris dan kolom. Itu bayangan JSON di kepala saya :). Mari kita lanjut dengan JSON Object, JSON Array, dan Contohnya.


JSON Objek
JSON Objek merupakan pasangan data atara "key" dan "value" yang diapit dengan kurun kurawal "{}". Mungkin juga bisa diibaratkan seperti "variabel" dan "isinya" atau "kolom" dan "isinya". Format penulisannya yaitu "{key:value}" atau jika isinya dalam bentuk array "{key1:value1, key2:value2, key3:value3, ...}". Walaupun isinya seperti array, tetap saja disebut JSON Object. Jika data yang kita punya tunggal, maka kita bisa mengirimnya dalam bentuk JSON Object.
// JSON Object
{'id':1, 'nama':'Hanif', alamat:'Malang'}

JSON Array
JSON Array merupakan wadah dari JSON Object. Jadi bisa terdiri dari satu atau lebih JSON Object. Format penulisannya yaitu menggunakan kurung siku "[]", seperti [JSONObject] atau [ {key:value} ]. Untuk data yang banyak misalnya seperti ini, [{key1:value1, key2:value2, key3:value3, ...}, {key1:value1, key2:value2, key3:value3, ...}, {key1:value1, key2:value2, key3:value3, ...}, ...]. Untuk Contoh misalkan seperti dibawah ini:
// JSON Array
[ {'id':1, 'nama':'Hanif', alamat:'Malang'}, {'id':2, 'nama':'Hanna', alamat:'Magetan'}, {'id':3, 'nama':'Sopin', alamat:'Malang'} ]

Berikut ini perbandingan antara data dalam tabel database dengan hasil encode dengan JSON format (format di bawah ini sudah saya rapikan biar mudah nganalisanya :) ).

Belajar JSON Bacaan Wajib Programmer : Mengenal Data JSON Lebih Dekat

Tabel di atas bisa direpresentasikan dalam bentuk JSON seperti berikut:
[ {"buku_kode":"1","buku_judul":"Wordpress Advanced","buku_penerbit":"Neomedia","buku_tahun":"2001-01-01"},
{"buku_kode":"2","buku_judul":"PHP For Evil Genius","buku_penerbit":"Socka Inc.","buku_tahun":"1999-01-01"},
{"buku_kode":"3","buku_judul":"Linux Kernel For Breakfast","buku_penerbit":"Socka Inc.","buku_tahun":"2009-01-01"},
{"buku_kode":"4","buku_judul":"Play With Perl Undercover for Evil genius","buku_penerbit":"Socka Inc.","buku_tahun":"2009-01-01"},
{"buku_kode":"5","buku_judul":"Android Cook Book For Mother","buku_penerbit":"Dopler Crook","buku_tahun":"2008-01-01"} ]

Jika ada yang membingungkan, silahkan ditanyakan.. :). Berikutnya akan saya sajikan bagaimana membuat mengencode dan decode data dari database menjadi format JSON menggunakan Java dan PHP. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan mari kita diskusikan jika ada ide atau pertanyaan.. :)

Written by ElangSakti
Bacaan Wajib Programmer : Mengenal Data JSON Lebih Dekat
Bahasan: Note: Pengetahuan dasar ini akan berguna ketika membuat aplikasi berbasis mobile seperti Android sebab data yang dikirimkan berformat JSON...
Published at Minggu, 10 Maret 2013, Updated at Minggu, 10 Maret 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

4 komentar :

  1. format ini mudah diimplementasi ke dalam localstorage

    BalasHapus
  2. Penjelasan yang sangat mudah tuk dimengerti ,,, makasih gan

    BalasHapus
  3. Mantap gan, jelas banget penjelasannya :D

    BalasHapus
  4. mantap gan,,penjelasannya!!

    BalasHapus