Mulai Membuat Driver Windows dengan Visual Studio dan WDK - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Mulai Membuat Driver Windows dengan Visual Studio dan WDK

3 komentar
Setiap hardware pada komputer kita membutuhkan driver agar bisa dikenali oleh sistem operasi dan dioperasikan dengan komputer. Misal modem, vga card, lan card, lcd display, keyboard, mouse, dan semua perangkat hardware yang nempel ke komputer harus mempunyai driver. Oleh karena itu, driver yang menentukan bagaimana kerja suatu hardware. Kerusakan driver membuat hardware tidak bekerja normal atau bahkan tak bisa digunakan sama sekali.

Dengan demikian, driverlah yang menjembatani antara software dan hardware sebagaimana skemanya Sofware/Aplikasi - Sistem Operasi - Driver - Hardware. Aksi yang kita lakukan pada aplikasi akan dikelola oleh sistem operasi, kemudian diteruskan ke driver, lalu driver memberi sinyak perintah pada hardware. Lalu apa Anda pernah berpikir untuk belajar membuat driver? :)

Untuk membuat driver, khususnya di Windows, kita bisa menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu Windows Driver Kit (WDK). Kita bisa mendownloadnya di situs resmi Microsoft (lihat link da bawah) untuk versi terakhir yaitu versi 8. Karena versi 8 ini installnya harus online dan besarnya adalah 1GB, jadi yang saya coba adalah yang versi 7.1 dengan besar hanya 619.8MB dan berbentuk iso. Jadi cocok kalo kita waktu downloadnya putus-putus hehe.

Versi terbaru dari WDK sudah terintegrasi dengan Visual Studio 2012 sebagai editornya. Sedangkan untuk WDK yang versi 7.1 kita bisa menggunakan Visual Studio 2008. Kemudian untuk bahasa pemrogramannya menggunakan C/C++. Jadi kalo sudah pernah belajar C/C++ tentu lebih mudah untuk belajarnya.

Selain WDK dan Visual Studio, kita juga membutuhkan VisualDDK, aplikasi ini berfungsi untuk debugging di mesin lain / OS lain. Sebab, ketika kita sedang coding driver, kita tidak menginstall hasil compile-an driver yang sedang kita buat di mesin yang kita pakai untuk coding. Tetapi menggunakan OS virtual dengan VirtualBox atau VMWare. Jadi VisualDDK nanti juga akan diintegrasikan dengan Visual Studio untuk bisa debugging dan install driver secara remote ke OS target.

Kesimpulannya adalah kita membutuhkan beberapa software untuk membuat driver di Windows, software-software tersebut yaitu:
- Windows Driver Kit (WDK) (Versi 8, Versi 7.1.0)
- Visual Studio yang kompatibel dengan WDK yang dipakai (VS 2012)
- VMWare atau VirtualBox (VMWare, VirtualBox)

Mulai Membuat Driver Windows dengan Visual Studio dan WDK



Written by Hari Santoso
Mulai Membuat Driver Windows dengan Visual Studio dan WDK
Bahasan: Setiap hardware pada komputer kita membutuhkan driver agar bisa dikenali oleh sistem operasi dan d...
Published at Kamis, 28 Februari 2013, Updated at Kamis, 28 Februari 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

3 komentar :

  1. wah postingannya pas banget, saya juga lg berkhayal nih gan kira2 bisa gak ya buat driver untuk tv hp china biar bisa disetel di lepi ?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, yang penting ngerti datanya. :D

      Hapus
  2. Mas admin, saya boleh minta syntaxnya ngga? Saya mau membuat driver yang menghubungkan gamepad ke laptop
    Terima kasih sebelumnnya

    BalasHapus