Belajar Mikrokontroler untuk Pemula dengan Topview Simulator - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Belajar Mikrokontroler untuk Pemula dengan Topview Simulator

2 komentar
Belajar mikrokontroler sebenarnya gampang-gampang susah sebab yang kita pelajari adalah hardware dan software. Bagi mereka yang ada basic elektro tentu butuh penyesuaian sedikit sebab yang dipelajari dan diutak-atik bukan lagi hanya transistor resistor kapasitor, melainkan komponen yang punya spesifikasi khusus dengan freskuensi, input-output, serta arus-tegangan yang nanti akan dibaca dan diolah dengan bahasa pemrograman.

Sedangkan untuk sisi software, selain kita dituntut untuk mengerti berbagai macam editor dan cara penggunaannya, kita juga harus mempelajari bahasa pemrogramannya. Setelah bahasa pemrograman menguasai, kita harus mengerti bahasa yang dipakai untuk mengolah mikro yang kita pakai, misal seperti MCS51 dan MCS52, mereka mempunyai header file sendiri. Jadi kita harus rajin-rajin mencari tahu dan lebih banyak lagi membaca. :)

Untuk sisi software bisa kita kerjakan tanpa biaya, sedangkan sisi hardware, kita mesti membeli komponen dan merakitanya. Bagi pemula yang belum bisa menggunakan hardware, maka bisa menggunakan Topview Simulator (download: http://www.frontline-electronics.com/html/downloads.htm) untuk belajar mikrokontroler, khususnya keluarga Atmel.

Pada Topview simulator, untuk melakukan simulasi, kita dapat me-load aplikasi dalam bentuk .hex/.bin. Selain itu Topwiew menyediakan modul-modul seperti keypad/keyboard, led, lcd, dan beberapa modul lain untuk simulasi. Kita juga bisa melihat isi memori ketika aplikasi sedang dijalanjan. Berikut contoh kode untuk melakukan aksi led akan menyala ketika keypad ditekan. Gambar berikut menunjukkan led 3 menyala ketika tombol 3 ditekan. Kebetulan pada contoh ini digunakan bahasa assembler dengan compiler ASM51.
$MOD51

org 00h

tom1: mov A,P3
mov P1,A
sjmp tom1
end

Belajar Mikrokontroler untuk Pemula dengan Topview Simulator



Written by Hari Santoso
Belajar Mikrokontroler untuk Pemula dengan Topview Simulator
Bahasan: Belajar mikrokontroler sebenarnya gampang-gampang susah sebab yang kita pelajari adalah hardware d...
Published at Selasa, 19 Februari 2013, Updated at Selasa, 19 Februari 2013
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

2 komentar :

  1. Hitokirihahn3/19/2013 12:57 PM

    topview sama proteus bagusan mana...???

    BalasHapus
  2. Kita prefer ke proteus, kalo Topview itu hanya untuk simulator. Sedangkan proteus mendukung banyak fungsi, dari perancangan pcb, rangkaian analog-digital, hingga simulasinya.

    BalasHapus