Berkenalan dan Cara Menggunakan AVO Meter / Multimeter / Multitester - Elang Sakti
Download Ebook Belajar Arduino PDF, Arduino untuk pemula
Jasa Pembuatan Program Arduino, pemrograman Arduino
# Hack Your Skills! to be Professional Mechatronics

Berkenalan dan Cara Menggunakan AVO Meter / Multimeter / Multitester

7 komentar
Kali ini kita akan membahas tentang alat ukur listrik yang paling fundamental dalam kelistrikan dan elektronika.

Selain dasar untuk belajar tentang elektronika yaitu harus mengerti tentang dasar-dasar kelistrikan, juga harus mengerti tentang alat ukur dan komponen-komponen dasar pada listrik. Komponen dasar listrik, komponen yang saya maksud adalah sesuatu yang perlu kita pelajari dan harus mengerti sebelum mempelajari implementasi kelistrikan tingkat expert yaitu konsep dasar listrik itu sendiri. :)

Listrik itu bisa ngetrum hehe. Akan tetapi aliran listrik bisa nyetrum atau tidak itu tergantung beberapa komponen penting tentang aliran listrik. Listrik adalah elektron yang mengalir. Arus listrik adalah muatan posisif yang mengalir karena adanya elektron-elektron. Nah, besar tidaknya arus listrik sangat berpengaruh pada nyetrum tidaknya aliran listrik. Embulet yah.. hehe.

Intinya, kita akan belajar dan mengetahui tentang beberapa alat ukur dan fungsinya. Pertama, kita harus bisa mengukur arus (satuan arus listrik Ampere) listrik yang mengalir. Kedua, kita harus bisa mengukur beda potensial (Voltase, satuannya Volt) antar kutub posisif dan negatif. Kemudian kita harus bisa mengukur tahanan atau hambatan pada suatu rangkaian (tahanan satuannya Ohm).

Nah, sebenarnya adalah alat yang khusus untuk mengukur arus listrik, namanya Ampere Meter. Ada alat yang khusus mengukur Voltase atau beda potensial, namanya Volt Meter. Kemudian ada alat yang khusus untuk mengukur tahanan atau hambatan, namanya Ohm Meter. Akan tetapi ada alat yang bisa berfungsi sebangai Ampere Meter, Volt Meter, dan Ohm Meter dalam satu device, namanya AVO Meter. A untuk Ampere, V untuk Volt, O untuk Ohm.

Berkenalan dan Cara Menggunakan AVO Meter / Multimeter / Multitester

Dalam perkembangannnya AVO Meter / Multimeter ada yang analog dan ada yang digital. Fungsinya sama saja, akan tetapi untuk ketelitian pengukuran komponen dengan presisi kita bisa menggunakan yang digital, sedangkan untuk pengukuran yang sifatnya 'fastcheck', kita bisa menggunakan yang analog walau sebenarnya keduanya bisa digunakan untuk apa saja. Engng, yang saya sampaikan pada tulisan ini sifatnya pendapat saja, sesuai pengalaman. Bisa kita bayangkan, alat ukur yang kurang pressisi akan terbaca salah jika setting awal kita keliru sudut pandang. Ketika membaca yang analog, kita lihat tegak lurus dengan jarum, pasti akan ada selisih ketika kita lihat dari samping. Yah, begitulah jika sifatnya 3D hehe.. :)
AVO Berkenalan dan Cara Menggunakan AVO Meter / Multimeter / Multitester
Dalam kesempatan kali ini mungkin itu saja dulu sharingnya. Berikutnya kita akan membahas hubungan antara ketiga 'sesuatu' diatas, Ampere Volt dan Ohm. Kenapa aliran listrik ada yang nyetrum dan ada yang ndak? Apakah arus yang menyebabkannya atau Tegangan? Temukan pembahasannya di Konsep dan Pengertian Arus dan Tegangan pada Rangkaian Listrik.


Written by Hari Santoso
Berkenalan dan Cara Menggunakan AVO Meter / Multimeter / Multitester
Bahasan: Kali ini kita akan membahas tentang alat ukur listrik yang paling fundamental dalam kelistrikan da...
Published at Jumat, 21 September 2012, Updated at Jumat, 21 September 2012
Reviewed by dr. on
Rating: 4.7

7 komentar :

  1. Something that works...

    if you want to do more with this blog you should try this system, it sure helped me...

    BalasHapus
  2. You are in reality a good webmaster. The web site loading speed is amazing. It kind of feels that you're doing any distinctive trick. Also, The contents are masterpiece. you've done a magnificent process in this matter!

    BalasHapus
  3. I'm pretty new at this place and adore the design, could you let me know me where you bought this theme? You can contact me on my e-mail…looking forward to hear from you

    BalasHapus
  4. I couldn't have asked for a better blog. You happen to be always at hand to offer excellent guidance, going straight away to the point for easy understanding of your site visitors. You're really a terrific pro in this subject matter. Many thanks for being there visitors like me.

    BalasHapus
  5. You have showed great perseverance behind the blog. It's been enriched since the beginning. I love to share to with my friends. Carry on.

    BalasHapus
  6. Nice post. I went through the post I found it very informative and useful. Thanks for sharing.

    BalasHapus